10 Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Foto: Google

“Warna ungu yang muncul pada ubi ini disebabkan oleh kandungan antosianin dan antioksidannya yang berkhasiat bagi kesehatan bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Ubi ungu merupakan jenis umbi-umbian yang berasal dari Jepang. Dengan nama latin Ipomoea batatas, ubi ungu juga populer dengan nama purple yam, purple sweet potato, hingga Okinawa sweet potato, merujuk pada tempat asal dan bentuknya yang serupa kentang. Dibanding jenis ubi jalar biasa, terdapat banyak perbedaan yang mencolok.

Selain tentu saja warnanya yang ungu, aroma ubi ungu juga cenderung lebih khas. Rasa umbi ungu sangat variatif, mulai dari sangat manis, agak manis, agak pahit hingga pahit. Warna ungu yang muncul pada ubi ini disebabkan oleh kandungan antosianin dan antioksidannya yang berkhasiat bagi kesehatan bahkan dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sayangnya, manfaat ubi ungu masih belum sepopuler jenis umbi-umbian lainnya. Tertarik untuk mengetahui apa saja manfaat ubi ungu bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Ini kandungan gizi yang terdapat pada ubi ungu:

-140 kalori
-27 gram karbohidrat
-1 gram protein
-0,1 gram lemak
-4 gram serat
-0,83% kebutuhan harian sodium
-13,5% kebutuhan harian potasium
-2% kebutuhan harian kalsium
-4% kebutuhan harian zat besi
-40% kebutuhan harian vitamin C
-4% kebutuhan harian vitamin A

Ini manfaat ubi ungu bagi kesehatan:

1). Menjaga imunitas tubuh

Kandungan antosianin dan polifenol dalam ubi ungu dapat menekan stress yang timbul akibat kerusakan oksidatif yang terjadi dalam tubuh. Antioksidan yang muncul akibat rangsangan antiosianin juga mampu menangkal radikal bebas, sehingga sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat. Konsumsi ubi ungu juga dapat meningkatkan produksi beragam enzim antioksidan yang berdampak positif untuk pemecahan senyawa beracun, menjaga agar tubuh tidak mudah sakit.

2). Meredakan inflamasi/peradangan

Ubi ungu mengandung zat yang bersifat anti-inflamasi. Hal ini karena ubi ungu dapat menurunkan produksi zat TNF-alfa. Rendahnya kadar TNF-alfa mampu menghambat terjadinya peradangan pada tubuh. Beberapa jenis peradangan mulai dari radang tenggorokan, radang sendi, dan lain sebagainya dapat diredakan melalui konsumsi ubi ungu yang rutin.

3). Mencegah pembekuan darah

Pembekuan darah tentu adalah sebuah kejadian yang bersifat fatal. Kamu harus mencegahnya sebelum terjadi, salah satunya dengan rutin mengonsumsi ubi ungu. Sebab, ubi ungu mengandung asam klorogenik. Di mana, zat ini dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dengan cara menekan proses pembentukan benang-benang fibrin sehingga mengurangi resiko terjadinya pembekuan darah yang fatal.

4). Menjaga hati tetap sehat

Ubi ungu dapat menjaga organ hati di tubuhmu agar tetap bekerja dengan optimal. Hal ini dikarenakan ubi ungu mengandung antosianin dalam jumlah yang siginifikan, di mana zat ini berguna untuk mengurangi kerusakan pada sel-sel hati yang diakibatkan oleh paparan zat beracun.

5). Mencegah penuaan dini

Berbagai masalah penuaan dini seperti keriput, flek hitam, bintik-bintik hingga garis halus tentu menjadi hal yang tak diinginkan oleh banyak orang. Mengkonsumsi ubi ungu secara rutin ternyata dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini di atas, lho.

Sebab, ubi ungu mengandung antioksidan yang tak hanya baik untuk imunitas tubuh, melainkan juga mampu mengatasi tanda-tanda penuaan dini tersebut. Antosianin dalam ubi ungu juga mampu memperlambat menuanya sel-sel tubuh secara keseluruhan. Konsumsi lah ubi ungu secara rutin agar tampilanmu tampak selalu awet muda.

6). Mengurangi berat badan

Bagi kamu yang tengah menjalani proses diet atau ingin menurunkan berat badan ke angka ideal, maka ubi ungu dapat menjadi opsi makanan yang tepat. Hal ini karena ubi ungu tidak mengandung lemak atau karbohidrat dalam jumlah tinggi, sehingga dapat mengurangi rasa lapar tanpa menambah angka timbanganmu.

Tak hanya itu, kandungan serat makanan dalam ubi ungu juga akan membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang lama, sehingga efektif untuk mencegahmu mengkonsumsi makanan secara berlebih. Kandungan antosianin dalam ubi ungu juga berperan memengaruhi metabolisme pencernaan, sehingga berat badan pun akan lebih mudah untuk turun.

Mengkonsumsi ubi ungu selama proses diet akan membuatmu tetap merasa kenyang dan terhindar dari lapar yang menyiksa tanpa perlu khawatir menambah berat badan.

7). Mencegah kanker

Kanker memang menjadi momok yang ditakuti oleh banyak orang. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Salah satunya adalah ubi ungu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ubi ungu efektif untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Ubi ungu dapat mencegah penyakit kanker sebab kandungan antioksidannya ampuh menangkal serangan radikal bebas yang memicu kanker. Dan tentunya, mengkonsumsi olahan ubi ungu yang lezat adalah cara menyenangkan untuk mencegah penyakit kanker.

8). Mengobati Penyakit Diabetes

Bagi penderita diabetes, memilih makanan yang baik untuk penderita diabetes merupakan kunci untuk penyembuhan. Ubi ungu dapat menjadi salah satu pilihan makanan sehat dan aman bagi penderita diabetes. Ubi ungu bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang berlebihan dan menjaga kadar gula darah tetap dalam kisaran normal. Maka dari itu, mengonsumsi ubi ungu dapat mengobati penyakit diabetes secara perlahan.

9). Mengobati asam urat

Asam urat tentu menjadi masalah yang serius, menjaga pola makan yang baik dan benar dapat membantu mengurangi asam urat. Salah satunya adalah mengonsumsi ubi ungu yang aman untuk penderita asam urat. Ubi ungu mengandung antosianin di dalamnya yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat.

10). Mengobati hipertensi

Selai mengobati diabetes, asam urat, dan mencegah kanker, ternyata ubi ungu juga aman untuk dikonsumsi penderita hipertensi atau darah tinggi. Mengonsumsi ubi ungu secara rutin dapat mengobati penyakit hipertensi karena ubi ungu dapat menurunkan tekanan darah dan tetap berada dalam kisaran normal. (APL)

Edt: Redaksi (AN)