20 Jerigen Ciu Di Solo Berhasil Disita Polisi

Foto: (Ist)

“Kami curiga muatan mobil Panther itu, langsung dihentikan untuk diperiksa. Ternyata bermuatan 20 jerigen ciu untuk dikirim ke Semarang,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Kepolisian Resor Kota Surakarta berhasil menyita ratusan liter minuman memabukkan jenis ciu yang dimuat sebuah mobil Isuzu Panther saat melintas di Jalan Jalan Bhayangkara, Kecamatan Laweyan Solo, Senin (27/5) dini hari.

Menurut Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Ribu Hari Wibowo melalui Kapolsek Laweyan Kompol Ari Sumarwono, petugas dalam operasi selain mengamankan 20 jerigen ciu atau sekitar 500 liter, juga dua orang pemilik minuman keras itu.

Dua pelaku yang akan menyeludupkan ratusan liter ciu tersebut, yakni Dwi Seno (58), warga Desa Cangkol dan Sunariyo (59) warga Kelurahan Bekonang. Keduanya asal Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo itu kini masih dalam pemeriksaan oleh petugas di Mapolsek Laweyan.

Kedua pelaku yang menggunakan mobilnya Panther berpelat nomor AD 8684 GK  tersebut, saat dihadang oleh petugas di Jalan Bhayangkara, Solo, sempat hampir menabrak petugas.

“Kami curiga muatan mobil Panther itu, langsung dihentikan untuk diperiksa. Ternyata bermuatan 20 jerigen ciu untuk dikirim ke Semarang,” katanya.

Petugas kemudian melakukan pemeriksaan muatan di mobil Panther tersebut, ternyata sebanyak 20 jerigen berisi minuman jenis ciu. Petugas langsung menyita barang bukti bersama dua pelaku untuk dibawa ke Mapolsek Lweyan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut dia, minuman keras tersebut merupakan pesanan sebuah toko kelontong di wilayah Peterongan, Semarang. Setiap ada pesanan langsung dapat dikirim. Setiap jerigen ciu dijual seharga sekitar Rp180.000.

Ari Sumarwono mengatakan dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku barang tersebut rencana dikirim ke Kota Semarang. Hal ini, sudah sering dilakukan rata-rata sekitar dua bulan sekali.

Kedua pelaku dijerat dengan pasal 20 ayat 1 jo pasal 3 ayat 1 Peraturan Daerah Nomor 4/1975, dengan ancaman hukuman enam bulan penjara.

“Kami menyita 20 jerigen berisi ciu dan sebuah mobil Isuzu Panther Nopol AD 8684 GK milik pelaku,” katanya.

Edt: Redaksi (AN)