29 Tahun Perjalanan SBSI Yang Tak Pernah Lelah

Foto: Doc. Jacob Ereste

“Seperti pada masa tersulit SBSI ketika jadi lokomotif pendorong sekaligus penarik gerbong reformasi menuju perubahan mendasar bagi bangsa serta negara Indonesia pada tahun 1998,”

Oleh: Jacob Ereste

Jakarta (Bintangtimur.net) – Menjelang sepekan peringatan 29 tahun SBSI, memang tidak ada tanda-tanda akan adanya perayaan besar yang hendak dilakukan. Hanya saja pada tiga hari sebelumnya dalam acara rapat pleno SBSI (Jum’at 16 April 2021) kesepakatan pada hari H itu nanti SBSI hanya akan mengadakan ziarah ke pemakaman umim Pondok Kelapa Jakarta Timur tempat mantan Ketua Umum K.SBSI dikebumikan yang wafat pada Minggu 21 Maret 2021 di RS. Siloam, Jakarta.

Kecuali ziarah kubur untuk menanda usia SBSI yang ke 29 tahun ini (2021), DPP K.SBSI hendak mengadakan pembagian makanan berbuka puasa untuk umum di sekitar Sekretariat DPP K.SBSI seusai ziarah yang berlangsung dalam tata cara resmi organisasi.

Pada Ultah ke-29 SBSI memang patut dijadikan momentum perenungan bagi segenap eksponen maupun ajtivis SBSI yang telah benar berdarah-darah memperjuangkan hak-hak kaum buruh Indonesia untuk ikut menikmati kesejahteraan yang sungguh berkeadilan.

Setidaknya dalam takaran usia dewasa bagi manusia dan generasi yang tumbuh dengan normal, organisasi kaum buruh yang acap juga dikatakan militan ini pantas miliki pejuang buruh yang tangguh, mumpuni serta mempunyai banyak kader yang tak kalah dari perintisnya yang selayaknya sekarang sudah harus menikmati masa pensiun dalam suasana riang gembira dan beragam kenangan yang menyenangkan.

Seperti pada masa tersulit SBSI ketika jadi lokomotif pendorong sekaligus penarik gerbong reformasi menuju perubahan mendasar bagi bangsa serta negara Indonesia pada tahun 1998, tak mungkin dapat dilupakan sejarah, meski hingga kini pun tak satupun pengakuan yang didapat dari instansi manapun. Bahkan ada kecenderungam pengabaian pada peranan besar SBSI hingga menjadi semacam model gerakan perjuangan di Indonesia.

Edt: Redaksi (AN)