51 Unit Kapal Asing Akan Di Tenggelamkan KKP

Foto (Ist): “Kita akan ada penenggelaman 51 kapal, dimulai dari 26 kapal Vietnam tanggal 4 Mei di Pontianak, 4 kapal di Belawan, 12 kapal di Natuna, di Merauke 3 kapal,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan kembali menenggelamkan puluhan kapal asing yang tertangkap mencuri ikan di wilayah laut Indonesia. Tak tanggung-tanggung, jumlah kapal yang ditenggelamkan mencapai 51 unit.

“Kita akan ada penenggelaman 51 kapal, dimulai dari 26 kapal Vietnam tanggal 4 Mei di Pontianak, 4 kapal di Belawan, 12 kapal di Natuna, di Merauke 3 kapal,” kata Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Agus Suherman dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Terbanyak dari Vietnam yang mencapai 38 kapal, sementara yang lainnya terdiri dari 6 kapal Malaysia, 2 kapal China, 1 kapal Filipina dan empat kapal asing ‘berbendera’ Indonesia. Penenggelaman kapal-kapal tersebut dilakukan dalam upaya penegakan hukum.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengatakan penenggelaman itu tidak akan dilakukan sekaligus dalam satu hari.

“Kita akan cicil dimulai dari tanggal 4 Mei itu. Ya, semacam safari Ramadan Menteri Kelautan. Kemungkinan akan menghabiskan waktu dua minggu,” ungkap Susi.

Ia mengatakan hingga 29 April, kementeriannya telah menangkap 49 kapal, yaitu 33 kapal Vietnam dan 16 Malaysia.

Edt: Redakai (AN)