7 Manfaat Meminum Air Hangat Untuk Tubuh

Foto: (Ist)

“Manfaat air putih hangat pada pagi hari bisa berdampak positif pada organ pencernaan”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Sekitar 80 persen komponen dalam tubuh manusia adalah air. Itu sebabnya kita disarankan meminum air putih minimal 8 gelas sehari untuk menghindari dehidrasi. Anda bisa memilih air putih dalam suhu normal, hangat maupun dingin. Tapi, ternyata minum air putih hangat lebih bermanfaat untuk tubuh.

Dimulai dari pagi hari, seteguk air putih mampu menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan saat aktivitas tidur di malam hari. Saat tidur pun tubuh mengeluarkan energi.

Meski memilih menikmati air putih dingin yang menyegarkan juga tak salah, tapi dengan sering minum air putih hangat di pagi hari, justru manfaatnya lebih menakjubkan.

Penasaran? Berikut 7 manfaatnya:

1). Melancarkan Pencernaan

Idealnya, pencernaan yang sehat memiliki frekuensi buang air besar yang rutin, paling tidak sehari sekali. Jika susah buang air besar sampai berhari-hari cobalah untuk minum air hangat di pagi hari.

Manfaat air putih hangat pada pagi hari bisa berdampak positif pada organ pencernaan. Saat air mengalir menuju usus, ini seperti proses pelumasan untuk mengeluarkan kotoran-kotoran yang tertimbun di dalamnya dalam bentuk tinja.

2). Obat Awet Muda

Setiap wanita pasti ingin terus terlihat awet muda. Selain perawatan dari luar, perawatan dari dalam ternyata bisa dilakukan dengan cara yang sederhana.

Cobalah minum air putih hangat setiap pagi. Air putih hangat dapat bereaksi positif di dalam sel kulit, yang akan membuat kulit terjaga elastisitasnya dari hari ke hari.

3). Meredakan Stres

Butuh relaksasi setiap pagi? Minumlah satu gelas air putih hangat. Air hangat dapat memberikan efek menenangkan di dalam tubuh.

Hal ini lantaran sensasi hangat yang ditimbulkan akan diterima oleh otak dan sistem saraf pusat sehingga menimbulkan kenyamanan dan tubuh menjadi lebih rileks dan meredakan stres.

Ingin sensasi yang lebih menenangkan? Cobalah campurkan air hangat dengan perasan jeruk lemon.

4). Meningkatkan Sirkulasi Darah

Sistem peredaran darah yang sehat adalah sumber kesehatan yang baik. Jika banyak keluhan dalam tubuh, bisa saja karena sistem sirkulasi darah yang tidak optimal.

Untuk itu, segelas air putih hangat di pagi hari dapat memperlancar peredaran darah. Saat peredaran darah sudah membaik, maka otot-otot yang tegang dapat mengendur, dan membantu darah bekerja optimal menuju organ vital seperti hati, paru-paru serta otak.

5). Menurunkan Berat Badan

Pernah dengar manfaat air putih hangat dapat menurunkan berat badan? Ternyata itu bukan mitos belaka. Saat minum air putih hangat, maka suhu tubuh akan meningkat dan kemudian ikut meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Dengan metabolisme tubuh yang aktif maka kalori yang terbakar akan makin banyak. Jadi, kalau mau cepat langsing sering-sering minum air putih hangat.

6). Meringankan Nyeri Haid

Sering nyeri saat haid seperti kram di bagian perut? Cobalah minum air putih hangat di pagi hari. Air hangat ternyata obat yang efektif untuk meredakan nyeri.

Karena saat kram perut menjelang atau saat haid, air hangat berperan untuk mengendurkan otot-otot dalam perut sehingga rasa sakit dapat diredakan secara perlahan.

7). Meredakan Hidung Tersumbat

Saat flu melanda, hal yang paling menyebalkan adalah kesulitan bernafas karena hidung tersumbat.

Jangan khawatir, cobalah ambil segelas air hangat yang masih mengeluarkan uap panas. Uap tersebut yang dapat dihirup lewat hidung dapat meredakan hidung tersumbat dan juga melegakan pernafasan.

Edt: Redaksi (AN)