8 Manfaat Belimbing

Foto: (Ist)

“Buah yang memiliki bentuk khas seperti bintang ini berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Belimbing mempunyai nilai gizi yang tinggi dan banyak disukai karena rasanya yang segar dan khas. Belimbing yang mempunyai rasa asam dan manis bermanfaat bagi kesehatan.

Buah yang memiliki bentuk khas seperti bintang ini berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka.

Apa saja manfaat belimbing bagi kesehatan? Kita simak penjelasan berikut .

1.) Mencegah Kanker

Peneliti telah menemukan bahwa belimbing adalah buah antikanker yang kuat. Belimbing mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan efek dari radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh sehingga dapat mencegah kanker hati.

Selain itu, belimbing mengandung banyak serat yang mampu membantu membersihkan usus besar, sehingga dapat menurunkan resiko kanker usus besar.

2.) Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Belimbing yang kaya akan vitamin C sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah yang berbentuk seperti bintang ini mampu melawan batuk, demam, radang, dan sakit tenggorokan secara efektif.

Mengolah belimbing menjadi jus di pagi hari dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih.

3.) Meningkatkan Kesehatan Jantung

Belimbing memiliki jumlah potasium dan natrium yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal.

Tekanan darah normal sangat penting untuk menjaga agar jantung berfungsi dengan baik. Selain itu, belimbing dapat menjaga detak jantung agar tetap teratur dan aliran darah menjadi lancar.

4.) Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi buah belimbing dapat menjadi solusi yang baik. Belimbing yang kaya akan serat membantu perut Anda tetap merasa kenyang.

Selain itu, buah ini dapat membantu mempercepat metabolisme sehingga mampu mengurangi berat badan dengan efektif. Semakin tinggi metabolisme, maka semakin banyak kalori yang Anda bakar.

5.) Memperlancar Pencernaan

Sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, di antaranya dapat dilakukan dengan mengonsumsi belimbing.

Buah belimbing dapat mengurangi sembelit, perut kram, diare, dan perut kembung. Belimbing memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengobati peradangan perut.

6.) Menyembuhkan Masalah Kulit

Belimbing yang memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi dapat mencegah timbulnya penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim.

Eksim disebabkan karena kulit kering dan bakteri, namun semua itu dapat diatasi dengan mengonsumsi belimbing. Belimbing yang segar juga dapat membantu Anda untuk tetap terhidrasi.

7.) Menjaga Kulit dan Rambut Tetap Sehat

Belimbing yang kaya antioksidan dapat membantu mengatasi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Mengonsumsi belimbing dapat menjaga kesehatan kulit dan melawan penuaan dini.

Buah ini juga menjaga rambut tetap sehat, dan membantu pertumbuhan rambut.

8.) Baik untuk Penderita Diabetes

Belimbing juga baik untuk penderita diabetes. Serat dalam belimbing memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah setelah makan.

Lebih lanjut, belimbing juga dapat mengontrol kadar insulin dalam tubuh sehingga baik untuk penderita diabetes dan orang-orang yang beresiko diabetes.

Edt: Redaksi (AN)