Aipda Taufik Pendobrak ekonomi di Tengah Pandemi

Foto: Doc. Humas Polres Bogor

“Ide ini tercipta dari saya sendiri, yang mengamati masih cukup tingginya angka penyebaran Covid-19 dan didukung oleh basics bidang keilmuan dari keluarga di bidang farmasi”

Bogor (Bintangtimur.net) – Aksi seorang personil Polri tidak ada habisnya. Seperti di tengah pandemi, seorang anggota Polsek Rumpin Polres Bogor yang mendobrak ekonomi UMKM (17/03).

Aipda Taufik Komarudin yang menjabat sebagai Kasium Polsek Rumpin Polres Bogor Polda Jabar ini, membentuk sebuah UMKM di bidang obat herbal untuk mengurangi gejala Covid-19.

Melalui peran serta sang adik yang juga merupakan seorang peneliti obat-obatan herbal, Aipda Taufik bersama-sama menciptakan sebuah obat inhalant Covid-19 yang diberinama Enviel.

“Ide ini tercipta dari saya sendiri, yang mengamati masih cukup tingginya angka penyebaran Covid-19 dan didukung oleh basics bidang keilmuan dari keluarga di bidang farmasi. Dengan turut melibatkan sejumlah warga masyarakat yang menjadi korban PHK akibat pandemi ini, kami memberikan fasilitas kepada mereka untuk membuat dan mengembangkan Inhalant Oil Covid-19 ini, dengan memanfaatkan hasil sumber daya alam di wilayah Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor dan beberapa wilayah lainnya,” ujar Aipda Taufik Komarudin.

Foto: Doc. Humas Polres Bogor

Inhalant oil ini berbahan dasar minyak astiri dan beberapa campuran tanaman-tanaman herbal lainnya yang dapat mengurangi gejala dari Covid-19.

“Mengenai pemasaran, inhalant oil yang kami buat ini masih bersifat terbatas karena ijinnya belum selesai. Namun uji klinis dan hasil laboratorium terkait obat ini telah selesai dan keluar dengan hasil yang layak,” ungkap Aiptu Taufik.

Di sisi lain, Kapolres Bogor memberikan pujian bagi anggotanya tersebut, rentu apa yang telah di lakukan Aipda Taufik Ini kami sangat mengapresiasi dan sangat mendukung sekali kegiatan inovasi yang berdampak kebaikan bagi institusi dan warga masyarakat, khususnya di tengah pandemi. Semoga kedepan kegiatan ini juga bisa mendorong hal-hal positif bagi masyarakat.

“Peran Polri di tengah pandemi ini cukup banyak bukan hanya melakukan PPKM dan Ops Yustisi saja, tetapi turut mendukung dan membantu pengembangan UMKM di tengah Pandemi. Jadi, ini sangat bagus dan menjadi motivasi bagi anggota lainnya,” ungkap Kapolres Bogor AKBP harun, S. I. K., S. H. (AF)

Edt: Redaksi (AN)