Barcelona Perpanjang Kontrak Pelatih

Foto (Ist): “Pengumuman klub tersebut memberikan suntikan rasa percaya diri kepada Valverde”

JAKARTA (Bintangtimur.net) – Klub papan atas Spanyol, Barcelona, memperpanjang kontrak pelatih Ernesto Valverde sampai akhir musim kompetisi 2019-2020 dengan opsi tambahan satu tahun lagi, demikian disampaikan juara La Liga itu, Jumat (15/2).

Seperti dikutip laman situs www.fcbarcelona.com, FC Barcelona dan Ernesto Valverde, serta tim pelatih, sudah mencapai kesepakatan untuk memperpanjang kontrak untuk musim 2019-2020 dengan opsi tambahan satu tahun berikutnya.

Pengumuman klub tersebut memberikan suntikan rasa percaya diri kepada Valverde yang sempat merasa dalam ketidakpastian dengan mengatakan bahwa ia belum mengetahui akan pergi mana pada musim mendatang.

Valverde, 55 tahun, menggantikan posisi Luis Enrique sebagai pelatih kepala sejak 2017 lalu, setelah sebelumnya menikmati masa-masa sukses bersama Athletic Bilbao.

Ia berjasa mengantar Barca meraih trofi La Liga dan Copa del Rey dalam debutnya dan membuat klub yang dilatihnya tampil dominan dan hanya mengalami satu kali kalah dari Levante.

Meski demikian, ia juga harus menghadapi kritikan pedas gara-gara kegagalan di Liga Champions karena tersingkir dari persaingan dengan selisih gol dari AS Roma setelah sempat memimpin 4-1 dan kemudian kalah 0-3 pada pertemuan kedua.

Bulan lalu, Valverde pernah mengatakan bahwa masa depannya di Barcelona akan tergantung pada hasil di kompetisi musim ini, dan ada perasaan bahwa kontraknya tidak akan diperpanjang jika gagal memperlihatkan kemajuan di Liga Champions.

Kegagalan di kompetisi elit Eropa, dimana Barca tampil sebagai juara terakhir kalinya pada 2015, sementara pesaing terberat Real Madrid sukses tiga kali beruntun, mengancam reputasi Valverde, sekaligus membuat posisinya berada dalam ketidakpastian.

Mereka akan berhadapan dengan Real Valladolid di pertandingan La Liga pada Sabtu (16/2), sebelum bertandang ke Olympique Lyon di pertemuan pertama babak 16 besar Liga Champions pada Selasa mendatang.

Sampai saat ini, Barcelona masih memimpin klasemen La Liga dengan 51 angka dari 23 pertandingan, unggul enam angka dari saingan terdekat Real Madrid. (AN)