Bawaslu Jeneponto Membuka Pendaftaran Untuk Pemantau Pemilu

Foto (Ist): pendaftar harus melengkapi rencana dan jadwal pemantauan pada tahapan Pemilu

JENEPONTO (Bintangtimur.net) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jeneponto membuka pendaftaran untuk posisi Pemantau Pemilu. Pemdaftaran sudah dibuka sejak kemarin, Rabu (12/9/2018).

Komisioner Koordinator Divisi SDM Data dan Oraganisasi Bawaslu Jeneponto, Sampara Halik mengatakan, pendaftaran Pemantau Pemilu terhitung sebelum tahapan penyelenggaraan Pemilu sampai dengan tujuh hari sebelumpelaksanaan hari pemungutan suara.

“Prosesnya dilaksanakan Bawaslu Jeneponto yang didahului tahapan pendaftaran, penelitian administrasi, dan akreditasi terhadap Pemantau Pemilu,” kata Sampara, dikutip dari sulselsatu.com, Kamis (13/9)

Untuk mendaftar, pendaftar harus melengkapi rencana dan jadwal pemantauan pada tahapan Pemilu, rencana dan jadwal kegiatan pemantauan serta daerah yang ingin dipantau, nama, dan surat keterangan domisili.

Kemudian pekerjaan penanggung jawab Pemantau Pemilu yang dilampiri pas foto diri terbaru, surat pernyataan mengenai sumber dana yang ditandatangani oleh ketua lembaga Pemantau Pemilu, dan
surat pernyataan mengenai independensi lembaga Pemantau Pemilu yang ditandatangani oleh ketua atau sebutan lain lembaga Pemantau Pemilu.

Terkait jumlah Pemantau Pemilu yang akan diterima, Sampara mengatakan, bahwa tidak ada batas jumlah Pemantau Pemilu yang akan diterima.

“Sampai saat diumumkan tadi pagi, belum ada pendaftar, jumlah yang akan diterima tidak dibatasi, Bawaslu membentuk lembaga Pemantau Pemilu yang terakreditasi untuk mengawal berjalannya demokrasi pada Pemilu 2019,” pungkasnya.(Ic)