Beredar Dalam Video, Puluhan Buaya Lepas ke Sungai Cisadane

Foto: Google

“Beredar informasi 43 ekor buaya lepas ke aliran Sungai Cisadane dari penangkaran di wilayah Bogor, Jawa Barat”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang meningkatkan patroli menyusuri Sungai Cisadane, Banten. Langkah itu sebagai antsipasi kemunculan hewan buaya di bantaran sungai yang tengah viral di media sosial.

Selain menyusuri sungai, BPBD juga meminta warga yang bermukim di bantaran sungai meningkatkan kewaspadaan.

Dalam video amatir yang beredar di mesia sosial, warga mengusir dua ekor buaya rawa yang tengah berjemur di daerah Kecamatan Cisauk hingga Gading Serpong, Kabupaten Tangerang.

Beredar informasi 43 ekor buaya lepas ke aliran Sungai Cisadane dari penangkaran di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Selain perairan, petugas BPBD juga menyusuri daratan di sepanjang bantaran Sungai Cisadane. Sebagian wilayah tersebut masih terdapat pemukiman warga.

Kepala BPBD Kota Tangerang Deni Koswara mengimbau warga yang sehari-hari beraktivitas di sepanjang aliran sungai meningkatkan kewaspadaan.

“Namun tidak perlu terlalu resah. Informasi lepasnya puluhan ekor buaya masih ditelusuri kebenarannya,” kata Deni, Rabu (4/11/2020).

Deni menjelaskan, BPBD Kota Tangerang telah berkoordinasi dengan BPBD lintas daerah untuk memastikan informasi tersebut.

Aliran Sungai Cisadane melintasi sejumlah wilayah mulai Bogor sebagai daerah hulu, kemudian Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang sebagai daerah hilir. (AF)

Edt: Redaksi (AN)