BPBD Bangka: 35 Rumah Warga Rusak Akibat Puting Beliung

Foto: Google

“Bencana alam angin puting beliung yang merusak di sebagian besar pada atap rumah warga termasuk gedung sekolah dasar dan kantor desa tersebut terjadi sekitar pukul 14.15 WIB,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 35 unit rumah milik warga di Desa Air Bulu, Kecamatan Mendo Barat mengalami rusak akibat angin puting beliung.

Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Nursi di Sungailiat, Minggu mengatakan, 35 rumah warga di Desa Air Bulu mengalami kerusakan akibat angin puting beliung yang terjadi Sabtu (31/10).

“Bencana alam angin puting beliung yang merusak di sebagian besar pada atap rumah warga termasuk gedung sekolah dasar dan kantor desa tersebut terjadi sekitar pukul 14.15 WIB,” jelasnya.

Dia mengatakan, 35 rumah warga yang rusak tersebar di empat dusun di desa itu masing-masing, di Dusun I terdapat 12 unit rumah, Dusun II ada 19 rumah, Dusun III terdapat satu rumah dan di Dusun IV ada tiga rumah.

“Dibantu oleh tim TRC dan tenaga relawan serta aparat pemerintah desa, kami langsung melakukan bantuan pembersihan seperti, menebang pohon yang menimpa rumah serta penyaluran bantuan logistik,” jelasnya.

Jumlah kerugian akibat musibah bencana alam angin puting beliung itu kata dia, pihaknya masih melakukan pendataan di lapangan untuk mendapatkan data akurat.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat terutama di daerah yang rawan bencana untuk tetap memperhatikan lingkungan karena perubahan cuaca seperti angin kencang dapat terjadi kapan saja,” jelasnya.

Musibah bencana alam angin puting belitung di Desa Air Bulu kata dia, diketahui tidak mengakibatkan korban jiwa. (AW)

Edt: Redaksi (AN)