Budaya dan Kostum Masyarakat Lampung Berada di Tingkat Kepentingan

Foto: (Ist)

“Dan biasanya, untuk pengantin wanita yang telah diperdagangkan ke rumah keluarga calon, menjadi famali akan diambil kembali”

Oleh: Jacob Ereste

Jakarta (Bintangtimur.net) – Pada dasarnya, pemahaman masyarakat Lampung tentang kehidupan dan kehidupan itu sebenarnya fana, tidak bisa digambarkan sebagai kematian sebagai misteri. oleh karena itu, sesuai dengan acara khusus yang biasa diadakan dengan cara yang khas.

Tetapi dalam kepercayaan tradisional bahwa kawin lari adalah pilihan yang dominan, ada keyakinan bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk menemukan solusi, termasuk dalam tradisi kawin lari yang umumnya dilakukan oleh orang Lampung pada umumnya.

Meski begitu, bukan berarti proses aplikasi tidak ada sama sekali, tetapi sangat jarang dan sangat jarang dipilih.

Dalam perspektif politik, masyarakat Lampung pada umumnya, sikap mereka terhadap sikap perkawinan adalah kepercayaan pada bagaimana mematuhi prinsip yang kuat – fi’il pesengiri – yang cukup ketat untuk menjaga martabat dan harga diri.

Jika hanya penolakan yang terjadi, maka makna martabat atau harga diri mempelai pria akan terasa murung dan sangat memalukan dalam perawatan keluarga dan warga masyarakat setempat.

Dan biasanya, untuk pengantin wanita yang telah diperdagangkan ke rumah keluarga calon, menjadi famali akan diambil kembali. mungkin akan ada semacam bentrokan fisik, sementara pihak lain – termasuk desa atau pasukan keamanan setempat – dapat berpartisipasi dalam pembubaran dengan sikap netral yang ingin menciptakan suasana damai.

Rasionalitas cara berfikir jauh untuk masa depan yang masih bisa diatur lebih baik, menjadi pertimbangan dan referensi untuk menerima kenyataan yang terjadi di depan mata.

Meskipun hampir tidak ada pengantin wanita yang dapat diambil kembali oleh keluarga mereka karena risikonya akan menjadi aib yang tidak dapat diterima oleh pihak mana pun, termasuk penghuni masyarakat sekitar.

Edt: Redaksi (AN)