Cara Mengobati Jerawat Tanpa Bekas Secara Alami

Foto: (Ist)

“Perlu diketahui, masalah kulit ini disebabkan oleh berbagai faktor”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dialami hampir semua orang. Tak heran berbagai obat untuk menghilangkan jerawat pun banyak dijual di pasaran. Namun ternyata ada obat rumahan yang ampuh menghilangkan jerawat. 

Perlu diketahui, masalah kulit ini disebabkan oleh berbagai faktor. Antara lain ketidakseimbangan hormon, malas membersihkan wajah, faktor makanan, maupun penggunaan kosmetik ataupun skincare yang tidak cocok.

Keberadaan jerawat dan bekasnya dianggap mengganggu penampilan dan mengurangi percaya diri karena menimbulkan benjolan kemerahan dan menyisakan bintik-bintik gelap dan bopeng pada kulit. Maka dari itu, orang yang berjerawat pasti menaruh perhatian khusus untuk mengatasinya dengan melakukan perawatan kulit.

Tidak perlu menghabiskan banyak uang demi melakukan perawatan dari klinik kecantikan untuk menghilangkan jerawat. Di samping itu, ada potensi kulit mengalami ketergantungan terhadap obat yang diberikan. Nah, sebagai alternatif, cobalah menggunakan bahan-bahan yang bisa kamu temukan di rumah. 

Melansir Askdrmanny, berikut obat berbahan alami yang bisa ditemukan di rumah untuk menghilangkan jerawat pada wajah.

1). Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan untuk membuat kue, tapi juga punya kegunaan lain sebagai obat jerawat. Baking soda mampu mengeringkan jerawat meradang sehingga bisa kempis lebih cepat.

Cukup campurkan baking soda dengan air, lalu aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada permukaan kulit yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Disarankan agar menggunakan pelembap setelah melakukan perawatan ini.

2). Madu

Di samping rasanya yang manis, madu ternyata memiliki banyak manfaat jika digunakan untuk perawatan kulit wajah. Antara lain melawan bakteri, memudarkan bekas jerawat, mencerahkan, dan menjaga kelembapan kulit. Namun hasil efektif itu bisa didapat bila menggunakan madu mentah. 

Oleskan madu ke seluruh wajah. Biarkan selama sekitar 15 atau 20 menit seperti sedang menggunakan masker. Praktikkan masker madu ini 2-3 kali seminggu untuk meraih hasil maksimal.

3). Aspirin

Mungkin kita mengerutkan kening saat pertama kali mengetahui bahwa aspirin bisa menjadi obat jerawat. Sebab, mayoritas orang mengetahui jika salah satu produk medis ini digunakan menghilangkan nyeri. Percaya atau tidak, aspirin bisa diterapkan untuk menghilangkan jerawat dan membantu meredakan kemerahan akibat peradangan.

Caranya, hancurkan beberapa tablet hingga terkumpul sebanyak dua sendok makan. Setelah itu, campur bubuk aspirin dengan air. Aduk hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Pasta aspirin ini bisa diaplikasikan pada seluruh wajah atau hanya pada jerawat. Selain itu, Anda bisa mencampur dengan sedikit madu. 

4). Lidah Buaya

Selain mengobati luka bakar atau iritasi akibat sinar matahari, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat karena memiliki sifat mendinginkan atau menenangkan kulit sehingga sangat baik untuk meredakan inflamasi. Selain itu, lidah buaya–atau dikenal sebagai aloe vera–memiliki kandungan yang merangsang pertumbuhan kolagen. Fungsi inilah cocok untuk menghilangkan bekas jerawat membandel.

Mudah saja, cukup oleskan satu sendok makan gel lidah buaya murni pada wajah sebanyak dua kali sehari, yakni malam sebelum tidur dan pagi menjelang beraktivitas. Selain itu, gel lidah buaya bisa dicampur dengan satu sendok teh air perasan lemon untuk memberikan efek ekstra.

5). Lemon untuk mengobati jerawat

Kebanyakan obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung bahan lemon karena memang efeknya yang ampuh mengobati jerawat. Sari lemon membantu mengontrol produksi sebum pembentuk jerawat serta mengencangkan dan mencerahkan kulit. Mengetahui beragam manfaat tersebut, kenapa tidak mencoba meraciknya sendiri di rumah?

Caranya, peras lemon untuk mendapat airnya, oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit lalu. Jangan terlalu lama membiarkannya di permukaan kulit karena bisa membuat iritasi dan rasa terbakar. Selain itu, selalu gunakan tabir surya untuk menghindari kemerahan pada kulit.

Bagi pemilik kulit gelap disarankan untuk berhati-hati melakukan metode ini. Lemon memengaruhi sel-sel penghasil melanin yang dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada bekas jerawat. Sementara bagi pemilik kulit sensitif hendaknya melakukan uji kepekaan kulit terlebih dahulu pada bagian jawline atau rahang. Jika kulit menjadi kemerahan atau terasa terbakar, campurkan air perasan lemon dengan madu atau lidah buaya untuk mengimbangi keasamannya.

Itulah lima jenis obat rumahan alami yang ampuh untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Namun ingat, sebelum melakukan perawatan di atas untuk selalu mencuci muka agar bersih maksimal dan jerawat tidak kembali lagi. Selamat mencoba!

Edt: Redaksi (AN)