Dari Turki, Menhan Lanjut Kunjungan Kerja India

Foto: Ist

“(Di India) Sejak Minggu. Kerja sama pertahanan Indonesia-India agar lebih kuat,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke India sejak Minggu (26/7) lalu. Kunjungan ini dilakukan Prabowo dalam rangka memperkuat kerja sama antara India dengan Indonesia setelah sebelumnya melawat ke Turki dalam rangka kerja sama alutsista.

“(Di India) Sejak Minggu. Kerja sama pertahanan Indonesia-India agar lebih kuat,” kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Selasa (28/7).

Prabowo dalam kunjungan itu bertemu dengan Menteri Pertahanan India, Raksha Mantri Shri di Blok Selatan, New Delhi. Kata Dahnil, Prabowo juga banyak melakukan pembicaraan seputar pertahanan dengan para petinggi di India.

“Pembicaraan biasa,” kata Dahnil.

India diketahui beberapa kali menjalin kerja sama dengan Indonesia. Selain dengan Kementerian Pertahanan, India juga telah menjajaki kerja sama dengan Indonesia melalui coast guardnya beberapa waktu lalu.

Coast guard India dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI resmi meneken perjanjian kerja sama di bidang pertahanan kelautan antara kedua negara.

Adapun sebelum menyambangi India, Prabowo juga melakukan lawatan ke Turki pada 22-24 Juli lalu. Kunjungan ke Turki dilakukan mantan Komandan Jenderal Kopassus itu untuk kembali menjajaki peluang kerja sama membangun pesawat nirawak atau drone (unmanned aerial vehicles/UAV).

“Kami bertemu dengan Menhan RI Prabowo Subianto dan delegasinya. Dalam rapat, kami bertukar pandangan terkait kerja sama dan isu ekspor dalam berbagai sektor, terutama soal UAV dan alat tempur laut,” kata Demir dalam kicauannya di Twitter.

Peluang kerja sama itu dibahas saat Prabowo bertemu dengan Presiden Industri Pertahanan Turki, Ismail Demir, pada Rabu (22/7) yang kemudian mengunggahnya melalui akun twitter pribadi Demir. (NH)

Edt: Redaksi (AN)