Di Aceh Permintaan Baju Muslim Meningkat

Foto: (Ist)

“Di sini permintaan baju muslim untuk semua kalangan meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan awal Ramadhan, ya karena mau Lebaran Idul Fitri,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Sejumlah pedagang pakaian di Pasar Aceh, Kota Banda Aceh, mengaku permintaan baju muslim menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah meningkat hingga tiga kali lipat dari hari biasanya.

“Di sini permintaan baju muslim untuk semua kalangan meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan awal Ramadhan, ya karena mau Lebaran Idul Fitri,” kata Fitri (27) pedagang pakaian di Pasar Aceh, Kota Banda Aceh, Selasa (28/5).

Model pakaian muslim yang paling dicari di kalangan perempuan dominan gamis jenis kaftan, dan laki-laki baju koko, ucap pedagang pakaian tadi sembari menyapa pengunjung yang melintasi teras toko ia berjualan.

Menurut dia, normalnya omset penjualan pakaian berkisar Rp800.000 hingga Rp1 juta per hari, dan menjelang Idul Fitri 1440 hijriah penjualannya meningkat hingga Rp4 juta per hari.

“Pakaian yang saya jual bermacam model, harganya juga bervariasi, mulai Rp150.000 hingga Rp600.000 per potong,” kata dia sambil menunjukkan jenis pakaian.

Ia menjelaskan, busana muslimah model kaftan paling banyak diminati dari kalangan perempuan dengan usia di bawah 35 tahun.

Sedangkan pakaian perempuan usia 40 tahun ke atas paling banyak mencari model gamis Arab, Turki, dan Mesir atau disebut gamis hikmat.

Pakaian tersebut dibandrol dengan harga berkisar Rp700.000 sampai dengan Rp1,2 jutaan, sesuai dengan kualitas kain dan variannya. 

“Hari puncak (belanja Lebaran) biasanya mulai 20 hari puasa sampai 29 hari puasa. Itu siang malam banyak orang (belanja). Pembelinya ada dari Lhoksemawe, Aceh Selatan, dari berbagai daerah di Aceh lah,” kata dia.

Pedagang pakaian lainnya, Arul juga mengaku ada peningkatan penjualan selama minggu ke dua bulan suci Ramadhan.

“Hari biasa itu sekitar Rp3 juta/ hari dan selama bulan Ramadhan tepatnya menjelang Lebaran lakunya hingga Rp10 juta/ hari,” ungkap Arol.

Arol sendiri menjual pakaian muslim seperti baju koko, celana untuk orang dewasa dan anak-anak dengan berbagai model, serta kain sarung.

“Yang paling banyak (laku) itu baju koko model pakistan, panjangnya sampai lutut itu. Pakaian koko itu khusus semua kalangan meminati. Selain itu, celana, baju koko biasa, dan kain sarung,” kata Arul.

Harga pakaian tersebut mulai dari Rp140.000 sampai dengan Rp180.000 untuk anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa dari Rp150.000-Rp300.000 per satuan.

Edt: Redaksi (AN)