Dua Jet Tempur Su-27 Rusia Terobos Wilayah Udara Finlandia

Foto: Ist

“Hyrsky mengatakan pihak berwenang Finlandia tengah menyelidiki insiden itu dan melacak dua pesawat militer Rusia tersebut.”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Dua jet tempur Sukhoi Su-27 milik Rusia diduga melanggar wilayah udara Finlandia di lepas pantai Helsinki pada Selasa (28/7).
Kementerian Pertahanan Finlandia menuturkan kedua jet tersebut terbang di wilayah Finlandia selama dua menit.

Direktur Komunikasi Kemhan Finlandia, Niina Hyrsky, mengatakan insiden itu terjadi di Teluk Finlandia dekat Helsinki pada Selasa sore sekitar pukul 14.00 waktu lokal.

Hyrsky mengatakan pihak berwenang Finlandia tengah menyelidiki insiden itu dan melacak dua pesawat militer Rusia tersebut.

Dilansir AFP, insiden ini bukan pertama kalinya terjadi. Pesawat militer Rusia disebut kerap melintasi Teluk Finlandia yang menghubungkan Kota Kaliningrad, Rusia, dengan Lithuania dan Polandia.

Finlandia merupakan bagian dari Kerajaan Rusia antara 1809-1917. Negara tersebut sempat berperang dengan Uni Soviet sebanyak dua kali selama Perang Dunia II.

Pertama pada Perang Musim Dingin antara tahun 1939-1940 setelah Uni Soviet menyerang Finlandia dan Perang Kelanjutan tahun 1941-1944, setelah Operasi Barbarossa di mana pada saat itu Finlandia bersekutu dengan Jerman.

Sejak 1955, Finlandia menjadi negara netral dan tidak memiliki aliansi militer dengan pihak mana pun. Finlandia juga bukan anggota Pakta Pertahanan Negara Atlantik Utara (NATO).

Namun, negara Nordik di Eropa Utara itu memiliki beragam kerja sama dengan NATO. (APL)

Edt: Redaksi (AN)