Dua Roket Dilaporkan Jatuh Dekat Dubes AS di Irak

Foto: (Ist)

“Serangan ini merupakan yang terbaru menargetkan Green Zone,…”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Dua roket dilaporkan jatuh di dekat kedutaan besar Amerika Serikat untuk Irak di Baghdad pada Senin (23/9) malam.

Serangan ini merupakan yang terbaru menargetkan Green Zone, kompleks diplomatik yang menampung sejumlah kedutaan asing dan gedung-gedung pemerintah Irak.

Seorang sumber keamanan asing yang berada di Green Zone mengatakan dua roket berukuran 100 mm menghantam lokasi dekat kedutaan besar AS.

“Satu tembakan sekitar tiga meter (sepuluh kaki) di dalam gerbang di kompleks kedutaan,” kata sumber tersebut kepada AFP.

Kedua roket itu dilaporkan mendarat tak lama sebelum pergantian hari. Roket-roket itu diyakini ditembakkan dari suatu daerah di selatan Baghdad tempat pasukan paramiliter Irak yang dekat dengan Iran.

Satu roket lainnya jatuh ke Sungai Tigris yang terletak di belakang kedutaan tersebut.

Sejumlah sumber diplomatik asing yang berada di zona itu mengatakan sirine kedutaan AS terus meraung-raung selama dua kali dan berhenti sesaat sebelum pukul 01.00 waktu setempat pada Selasa dini hari.

Sementara itu, militer Irak mengonfirmasi dua proyektil menghantam tepi Green Zone. Hingga kini, belum ada informasi jika insiden itu memakan korban. Belum ada pula kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Pada 19 Mei lalu, roket juga menghantam Green Zone hanya beberapa hari setelah AS mengumumkan pemulangan sejumlah staf diplomatiknya di kedubes Irak.

Insiden roket ini terjadi di saat ketegangan antara Iran dan AS, dua sekutu dekat Irak, berlangsung. 

Edt: Redaksi (AN)