Enam Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan

Foto: Google

“Air tebu merupakan salah satu minuman yang kaya akan antioksidan”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Air tebu kerap dikonsumsi sebagai minuman untuk mengusir rasa haus di tengah cuaca panas. Tak hanya nikmat dan menyegarkan, manfaat air tebu bagi kesehatan juga tidaklah sedikit. Mau tahu apa saja manfaatnya? Baca artikel berikut.

Air tebu merupakan minuman yang diperoleh dari perasan batang tebu. Pengolahan umumnya dilakukan dengan cara yang sederhana, sehingga kandungan nutrisi di dalamnya tetap terjaga dengan baik. Saat mengonsumsi air tebu, Anda juga bisa menambahkan perasan lemon agar terasa lebih segar.

Beragam Nutrisi yang Terkandung dalam Air Tebu

Di dalam 100 ml air tebu, terkandung sekitar 80 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

-Karbohidrat
-Gula, yaitu sukrosa dan fruktosa
-Protein
-Kalsium
-Kalium
-Magnesium
+Zat besi

Tak hanya itu, air tebu juga mengandung natrium, zinc, mangan, serta beragam antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan karotenoid.

Beragam Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan Tubuh

Karena kandungan nutrisinya yang beragam, ada sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh dari air tebu. Berikut ini adalah beberapa manfaat air tebu untuk kesehatan:

1). Meningkatkan energi

Air tebu merupakan salah satu sumber gula dan karbohidrat terbaik. Kandungan gula alami sukrosa dan fruktosa dalam air tebu dapat menghasilkan energi bagi tubuh, sehingga Anda bisa lebih bersemangat dalam beraktivitas. Selain itu, air tebu juga dapat mencegah dehidrasi.

Oleh karena itu, air tebu cocok diminum saat sedang kelelahan atau setelah berolahraga agar tubuh bisa kembali segar.

2). Menangkal efek radikal bebas

Air tebu merupakan salah satu minuman yang kaya akan antioksidan. Kandungan ini diketahui mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu beragam penyakit, misalnya kanker.

Namun, Anda disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi air tebu, karena minuman ini mengandung banyak gula.

3). Melancarkan sistem pencernaan

Tebu mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan. Serat pangan pada tebu diketahui baik untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat air tebu yang satu ini, Anda bisa menambahkan sedikit ampas tebu ke dalam air tebu ketika mengonsumsinya.

4). Memelihara kesehatan hati

Di beberapa negara, seperti India, air tebu telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan gangguan fungsi hati.

Tak hanya itu, sebuah penelitian juga menyatakan bahwa air tebu dapat mencegah kerusakan hati yang disebabkan oleh efek samping penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang, misalnya pengobatan tuberkulosis.

Meski demikian, manfaat air tebu untuk mengobati penyakit hati masih perlu diteliti lebih lanjut, karena efektivitasnya belum dapat dipastikan.

5). Menjaga fungsi ginjal

Bukan hanya menjaga kesehatan hati, konsumsi air tebu secara teratur juga diyakini dapat menjaga ginjal tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Air tebu bersifat diuretik, sehingga mampu melancarkan buang air kecil dan membantu mencegah infeksi saluran kemih.

6). Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air tebu mengandung antioksidan dan zat antikanker yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, misalnya kanker prostat dan kanker payudara. Meski demikian, studi mengenai manfaat air tebu untuk mencegah kanker masih sangat terbatas.

Air tebu memang memiliki beragam manfaat, tetapi Anda disarankan untuk tidak mengonsumsinya berlebihan. Konsumsi air tebu juga perlu dibatasi oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan gula di dalam air tebu cukup tinggi, sehingga bisa menaikkan kadar gula darah secara signifikan.

Konsumsi air tebu umumnya baik dan sehat bila Anda sedang membutuhkan energi tambahan, misalnya ketika berolahraga atau sedang menjalani aktivitas fisik yang berat.

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar manfaat air tebu atau ingin memastikan apakah air tebu aman dikonsumsi bagi kesehatan, cobalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi air tebu. (KR)

Edt: Redaksi (AN)