Harga Listrik Yang Membuat Emak-emak Marah Kepada Pemerintahan Sekarang

Foto (Ist): “Harga listrik komersial China yang dijual ke rumah rumah penduduk hanya 0,08 dolar atau sekitar Rp. 1120 per kwh”

Oleh: Salamuddin Daeng

JAKARTA (Bintangtimur.net) – Harga listrik Indonesia luar biasa mahal. Jauh di atas harga listrik China yang merupakan saingan ekonomi dan saingan dagang utama Indonesia saat ini di kawasan Asia.

Harga listrik komersial China yang dijual ke rumah rumah penduduk hanya 0,08 dolar atau sekitar Rp. 1120 per kwh. Sementra harga listrik komersial Indonesia yang dijual ke rumah rumah penduduk Rp. 1525 per kwh.

Padahal pendapatan perkapita orang Indonesia belum sebanding dengan China yang jauh lebih tinggi. Pendapatan perkapita China setahun USD 8690 /tahun atau sementara Indonesia hanya USD 3540 /tahun.

Bagaimana mungkin Indonesia menetapkan tarif listrik setinggi ini? Kalau mau bersaing dengan dengan China sudah pasti keok. Karena harga listrik Indonesia yang sangat tinggi.

Inilah yang membuat emak-emak sakit hati. Bayar listrik mahal sekali. Bagaimana emak-emak bersaing dengan barang impor China? Belum lagi bayar kebutuhan hidup sehari hari yang makin mencekik. (AN)