Ilmuwan Buat Logam Yang Tidak Bisa Tenggelam

Foto: (Ist)

“Logam ini memiliki kantong udara yang memungkinkan logam untuk melayang”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Sebuah penemuan dari Universitas Rochester menemukan logam yang tak dapat tenggelam. Logam ini akan menolak dan kembali muncul ke permukaan apabila ditenggelamkan.

Logam ini memiliki kantong udara yang memungkinkan logam untuk melayang. Penemuan ini dipercaya dapat merevolusi desain kapal saat ini.

Struktur logam menggunakan teknik sedemikian rupa yang memerangkap udara dan membuat permukaan superhidrofobik atau anti air.

Menurut Phys, penemuan ini terinspirasi dari laba-laba air dan juga semut api. Binatang tersebut dapat mengapung di air karena memiliki tubuh yang bersifat hidrofobik.

“Wawasan utama adalah bahwa permukaan superhydrophobic (SH) multifaset dapat menjebak volume udara yang besar, yang menunjukkan kemungkinan menggunakan permukaan SH untuk membuat perangkat yang mengapung,” jelas peneliti bernama Chunlei Guo dalam jurnal ACS Applied Materials and Interfaces, mengutip laman resmi Universitas Rochester.

Walaupun tak dapat tenggelam, logam ini apabila dipaksa untuk berada di air dalam jangka waktu tertentu bisa mengakibatkan permukaan logam untuk kehilangan sifat hidrofobiknya.

Dilansir dari BGR, peneliti melakukan percobaan dengan dua cakram logam yang serupa. Logam pertama dibuat normal dan yang kedua dirancang hidrofobik. Kemudian saat keduanya ditenggelamkan, terlihat logam hidrofobik menolak untuk tenggelam.

Penemuan ini dapat diterapkan pada desain kapal sehingga memungkinkan kapal untuk tetap terapung meski dalam keadaan rusak. (APL)

Edt: Redaksi (AN)