Jaga Keutuhan Bangsa, Praktisi Pers: Jangan Sebar Kebencian!

Foto: Doc. Muktarrudin Usman

“Akhir-akhir ini kita sangat prihatin dengan kondisi bangsa, hanya karena perbedaan pandangan politik, banyak yang terlibat aktif jadi penebar hoaks dan kebencian atas dasar SARA,”

Banda Aceh (Bintangtimur.net) – Praktisi Pers asal Aceh, Muktarrudin Usman mengajak semua pihak untuk menjaga keutuhan dan persatuan bangsa dengan cara tidak menebar hoaks dan kebencian.

“Akhir-akhir ini kita sangat prihatin dengan kondisi bangsa, hanya karena perbedaan pandangan politik, banyak yang terlibat aktif jadi penebar hoaks dan kebencian atas dasar SARA,” ungkap Muktarrudin Usman, melalui rilis pers, Minggu, 20 Desember 2020.

Selanjutnya, dia meminta semua pihak untuk tidak menyebarkan kebencian lewat media mana pun.

“Stop penyebaran informasi dan berita hoaks serta ujaran kebencian yang bersifat provokatif yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” ajak Pimpinan Umum Mingguan MEDIA ACEH ini.

Penasehat Persatuan Wartawan Online (PWO) Aceh ini menambahkan, semua pihak sebaiknya menahan diri dan tidak menghasut pihak lain dengan cara apapun.

“Hentikan membuat pernyataan melalui media mana saja yang mengandung ujaran kebencian atau permusuhan kepada pihak lain,” kata pemilik media online WWW.Atjehdaily.Id yang juga anggota SMSI Aceh.

Kemudian dia menekankan, bahwa persatuan bangsa lebih utama ketimbang ujaran yang malah menimbulkan perpecahan. Karena itu, dia mengimbau, semua pihak untuk lebih bijaksana ketika memposting sesuatu di media sosial.

“Semua pihak sebaiknya saling menghormati dan berhenti menyatakan ujaran kebencian demi menjaga persatuan dan kerukunan bangsa,” tegas Muktarrudin.

Kepada masyarakat luas dan pengguna media sosial, Muktarrudin menghimbau agar lebih teliti dalam menyerap informasi serta tidak mudah terpancing dengan isu isu dan informasi yang bersifat hoaks.

“Jangan sampai kita jadi korban hoaks,” demikian pesan Muktarrudin. (AW)

Edt; Redaksi (AN)