Kapolres Pangkep Pimpin Simulasi Pergeseran Logistik, Pemungutan Suara Dan Pengaman Tps Pemilu 2019

Foto (Ist): “Tak hanya itu saja, setiap komponen dalam tahap pendistribusian logistik ini juga turut dihadirkan, begitupun dengan sarana dan prasarananya”

JAKARTA (Inspiratormedia.id) – Anggota Kepolisian Resort Pangkep simulasi pengamanan pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 atau OPS Mantap Brata Jaya 2018 (LATPRA) di lapangan Citra Mas, Kabupaten Pangkep, Senin (18/02/2019).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga, S.I.K., M.H yang di damping oleh Kabag Ops Polres Pangkep Kompol Mustafa Sani.

Turut hadir pula dalam simulasi ini Pasi Ops Kodim 1421 Kapten Arm Rustam, Ketua KPUD Pangkep Burhan SH, Sekretaris KPU Zainal, Komisioner Panwas Kab. Pangkep Hamsinar Hamid, S.Pdi,Staf KPU, PPK Pangkajene dan Staf serta Siswa Latja SPN Batua.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk untuk mempersiapkan mental dan progres pengamanan Pilpres dan Pileg yang akan dilakukan oleh Personel Kepolisian dan mengawal dan mengamankan Pesta Rakyat Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung bulan April 2019 mendatang.

Simulasi ini pun dibuat semirip mungkin dengan kondisi sebenarnya. Berdasarkan urutan tahapan pendistribusian logistik dari gudang KPU ke PPK, yang dikawal ketat oleh personil PAM terbuka dan PAM tertutup.

Tak hanya itu saja, setiap komponen dalam tahap pendistribusian logistik ini juga turut dihadirkan, begitupun dengan sarana dan prasarananya.

“Personil pengamanan juga tingkatkan kewaspadaan terhadap adanya potensi ancaman yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada dan pemungutan suara, kemudian soal penegakan hukum terutama oleh jajaran sentra Gakumdu apabila  ditemukan adanya pelanggaran atau tindak pidana dan poin yang terakhir kepada personil untuk tetap memegang aturan dan SOP,yaitu bertugas melakukan pengamanan dan tidak  masuk ke dalam  TPS,”tegas Kapolres Pangkep AKBP Tulus Sinaga, S.I.K.,M.H. (AN)