Kasasi Ditolak, Jokowi Divonis Melawan Hukum Kasus Karhutla

Foto: (Ist)

“Putusan kasasi dengan nomor perkara 3555 K/PDT/2018 diketok pada 16 Juli 2019”

Oleh: Jacob Ereste

Jakarta (Bintangtimur.net) – Jokowi divonis melawan hukum dalam kasus kebakaran hutan di Kalimantan Tengah. (Jakarta, CNN Indonesia, 19 Juli 2019). Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan kawan-kawan terkait kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Tengah.

MA menguatkan vonis tingkat banding yang menyatakan Jokowi dan kawan-kawan melakukan perbuatan melawan hukum sehingga terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Putusan kasasi dengan nomor perkara 3555 K/PDT/2018 diketok pada 16 Juli 2019. Putusan tersebut dikeluarkan oleh Nurul Elmiyah selaku ketua majelis hakim dengan anggota Pri Pambudi Teguh dan I Gusti Agung Sumanatha.

“Tolak,” demikian dilansir dari laman kepaniteraan MA, Jumat (19/7/ 2019). Adapun yang maju sebagai pemohon kasasi antara lain pemerintah, Jokowi, Menteri Dalam Negeri, dan Gubernur Kalimantan Tengah.

Kasasi ini menguatkan putusan banding yang diketok oleh Pengadilan Tinggi Palangkaraya, yang memvonis Jokowi dan kawan-kawan melakukan perbuatan melawan hukum dalam kasus karhutla.

Jokowi dan kawan-kawan diminta untuk mengeluarkan peraturan pelaksana dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Edt: Redaksi (AN)