KBRI Tokyo Kumpulkan Pegiat Seni Indonesia-Jepang

Foto: Ist

“Para seniman Indonesia dan Jepang yang tampil, tergabung dalam aneka sanggar kesenian, di antaranya Grup Lambang Sari, Grup Dewandaru, Grup Basundari, Grup Duta Melati, dan Grup Betawi Ngarojeng”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Para seniman Indonesia dan Jepang yang tergabung dalam berbagai sanggar kesenian menggelar acara sendratari dan musik ragam daerah Indonesia di Wisma Duta Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo Jepang Minggu (28/3).

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dengan didampingi ibu Nuning Akhmadi, mengapresiasi penampilan para pegiat seni budaya Indonesia ini. Hal ini menurut Heri Akhmadi adalah bagian dari upaya KBRI Tokyo dalam kegiatan promosi budaya Indonesia.

“Pertemuan hari ini selain menjadi forum ramah tamah dengan para seniman Indonesia dan Jepang, juga merupakan kesempatan untuk mempromosikan budaya Indonesia kepada orang Jepang khususnya mereka yang tinggal sekitar Wisma Duta,” kata Dubes Heri Akhmadi saat membuka acara, dengan didampingi Atase Pendidikan dan Kebudayaan serta para pejabat Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Tokyo.

Para seniman Indonesia dan Jepang yang tampil, tergabung dalam aneka sanggar kesenian, di antaranya Grup Lambang Sari, Grup Dewandaru, Grup Basundari, Grup Duta Melati, dan Grup Betawi Ngarojeng. Pertunjukan menjadi unik karena didominasi oleh penampilan para seniman Jepang yang memiliki kecintaan besar terhadap kebudayaan Indonesia.

Selain itu, pesona alunan lagu Sapu Jagad dan Bengawan Solo pada Gamelan, juga persembahan Tari Cendrawasih, Tari Gowa Pakarena, Tari Betawi Ngarojeng serta Tari Gondang Nusantara yang ditampilkan, membuat antusias para penonton Jepang yang hadir. Pertunjukan yang digelar di halaman Wisma Duta sempat terhenti akibat hujan di awal musim semi yang mengguyur Tokyo, dan dipindah ke dalam Wisma Duta KBRI Tokyo. (GI)

Edt: Redaksi (AN)