Keistimewaan Surat An-Nas

Foto: Google

“Meskipun surat ini bisa dibilang cukup sederhana, tapi keistimewaan yang dimilikinya tidaklah sederhana”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Selain surat Al-fatihah, surat An-Naas adalah salah satu surat yang sering dibaca dan banyak di hapal. Surat An-Naas hanya terdiri dari 5 ayat pendek yang mudah dihapal. Baik lafadz bahasa arabnya maupun artinya. Meskipun surat ini bisa dibilang cukup sederhana, tapi keistimewaan yang dimilikinya tidaklah sederhana.

Apa saja keistimewaan surat An-Nas yang menarik untuk diketahui?

1). Surat An-Naas Disebut Sebagai Al-Mu’awwidzataian

Surat an-Naas adalah salah satu dari dua surat terbaik untuk perlindungan yang ada di dalam Al-Qur’an. Karena itu, ia disebut sebagai al-mu’awwidzatain bersama dengan surat Al-Falaq. Dengan membaca surat An-Naas dan Al-Falaq maka seseorang dapat terlindung dari setiap kejahatan makhluk Allah.

2). Melindungi dari ‘Ain

Penyakit ‘ain adalah penyakit yang timbul dari pandangan mata yang dapat merusak bahkan membinasakan. Hal ini pernah terjadi juga terhadap Rasulullah. Karena itu, Allah kemudian menurunkan surat An-Naas dan Al-Falaq sebagai cara untuk menangkal penyakit ‘ain tersebut.

3). Melindungi dari Sihir

Selain itu, dua surat ini juga merupakan surat yang bisa melindungi seseorang dari sihir. Sejak lama, ada saja manusia dengan niat jahat yang menggunakan sihir untuk menyakiti manusia lainnya. Termasuk juga semasa nabi hidup. Surat An-Naas dan Al-Falaq adalah surat yang dapat melindungi dari maksud jahat dan sihir orang lain.

5). Tidak Ada Bandingannya

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda:

“Tidakkah kamu melihat ayat -ayat yang diturunkan di waktu malam dan tidak ada bandingannya sama sekali; surat al-Falaq dan surat an-Naas”.
(HR. Muslim)

Yang dimaksud tidak ada bandingannya dalam hadits tersebut adalah bahwa surat an-Naas dan al-Falaq merupakan dua surat yang tidak ada bandingannya sebagai surat perlindungan. Baik untuk perlindungan terhadap penyakit ‘ain, kejahatan di malam hari, sihir, hasad, ataupun waswas yang asalnya dari setan.

5). Obat dan Penjagaan

Selain itu, surat An-Naas dan Al-Falaq juga memiliki keutamaan sebagai obat dan penjagaan. Karena itu, disunnahkan untuk membaca An-Naas dan Al-Falaq sebelum tidur sebanyak 3 kali. Kemudian meniupkannya ke kedua telapak tangan dan mengusapkan tubuh dari kepala hingga anggota tubuh lainnya.

Nah, itulah beberapa keistimewaan yang dimiliki oleh surat An-Naas. Dengan memahami apa saja keistimewaan yang dimiliki surat An-Naas, maka diharapkan kita akan lebih mudah mengamalkan dan memahami maksud ayat-ayat Allah.

Dan meskipun surat An-Naas memiliki keistimewaan-keistimewaan tersebut, pada dasarnya segala hal terjadi atas izin Allah. Sehingga, sangat tidak bijak dan bahkan bisa menyalahi aqidah jika kita sampai meyakini bahwa kekuatan tersebut berasal dari surat yang dibaca dan bukan atas kuasa Allah. Mudah-mudahan kita bisa menjadi hamba Allah yang senantiasa dilindungi dalam berbagai aspek kehidupan. (APL)

Edt: Redaksi (AN)