Keluarga Indonesia Timur Kembali Buat Ulah di Pasar Surabaya

Foto: Ist

“Ratusan masker bantuan dari Gubernur yang diserahkan melalui Kasatpol PP provinsi Jatim, BNPB, ludes terdistribusikan ke pedagang kecil di pasar tersebut dalam tempo 90 menit”

Surabaya (Bintangtimur.net) – Pada tanggal 21 Agustus 2020, dua pasar yang cukup besar dan unik di Surabaya disambangi Besut dan Rusmini.

Pasar Krempyeng Semolowaru yang lengkap dengan berbagai dagangan tradisional itu terdiri dari dua blok, merupakan pasar andalan penduduk di sekitarnya.

Besut, Rusmini semakin semangat dengan munculnya Dava dan Teddy dari Studio Anak Merdeka Nusantara (Samen) yang langsung tancap kamera mengabadikan.

Ratusan masker bantuan dari Gubernur yang diserahkan melalui Kasatpol PP provinsi Jatim, BNPB, ludes terdistribusikan ke pedagang kecil di pasar tersebut dalam tempo 90 menit.

Monolog Ludruk Besut, Rusmini bergerak sambang pasar Pemalang Klampis, rombongan relawan Garda Covid-19 dan KIT (keluarga Indonesia Timur) telah menunggu, tak lama berselang rombongan pun bergerak masif.

Masker, hand sanitiser, face shield, sabun cuci tangan dukungan Darma Wanita Persatuan Surabaya dan dari Keluarga Indonesia Timur terbagi merata ke pedagang dengan sangat meriah.

Sebagaimana biasanya Besut, Rusmini dengan mega phone koar-koar ngidung garingan.

“Bapak, Ibu, Cak, Ning, Sing ayu-ayu, ngganteng-ngganteng ojo lali nggawe maskere, cuci tangan, jaga jarak, iku senjata ngelawan corona. Suroboyo Kota Pahlawan Rakyatte cerdas ngerti kesehatan, ayo sing kompak saling njogo supoyo menang lawan corona. Eling anak, putu, ngenteni nok omah”

Kalimat tersebut diulang dengan berbagai gaya Suroboyoan, Jombangan dan Malangan.

Seringkali pedagang yang berasal dari daerah Malang, Jombang yang cukup tahu kesenian ludruk menimpali kidungan Besut, Rusmini. Situasi semacam itu menambah gayeng dan mencairkan ketegangan akibat corona yg sudah hampir 5 bulan ini mendera.

Besok pagi 22 Agustus, pukul 07.00 WIB, Besut, Rusmini bersama dengan dulur-dulur dari Gusdurian, Garda Covid-19, Keluarga Indonesia Timur, Studio Anak Merdeka Nusantara akan sambang ke Pasar Kembang Wonorejo Surabaya. (AW)