Kenapa Buah Kurma Identik Dengan Bulan Puasa?

Foto: (Ist)

“Kurma termasuk buah musiman yang banyak ditemui ketika memasuki bulan puasa”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Setiap bulan puasa Ramadhan, dengan mudah kita bisa mendapatkan buah kurma.

Buah kurma seperti identik dengan bulan puasa Ramadhan. Kurma merupakan buah favorit saat berbuka atau sahur.

Kurma biasa digunakan sebagai takjil buka puasa. Di masjid-masjid, atau di acara-acara berbuka puasa, buah kurma pasti ada di antara menu-menu berbuka puasa.

Di minimarket ataupun supermarket kurma biasanya diletakkan di bagian paling depan dengan berbagai varian.

Sedangkan, di hari-hari biasanya, kurma hampir tak pernah tampak. Kecuali di lokasi-lokasi tertentu, itupun dengan jumlah terbatas.

Lalu, kenapa sih kurma tampak identik dengan bulan puasa?

Kurma termasuk buah musiman yang banyak ditemui ketika memasuki bulan puasa.

Buah ini jadi semakin mudah ditemui saat bulan puasa, karena menjadi makanan yang dianjurkan Nabi Muhammad Saw untuk berbuka puasa.

Salah satu Hadist Riwayat menyebutkan bahwa Nabi Muhammad menganjurkan para pengikutnya untuk mengonsumsi buah kurma, terutama saat bulan puasa.

Sebab, kurma bisa menambah energi yang dibutuhkan untuk berpuasa ataupun mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa.

Manfaat Kurma di Bulan Puasa Bisa Mencegah Sembelit

Puasa biasanya banyak orang mengalami gangguan sistem pencernaan. Salah satu gangguan pencernaan yang sering menghampiri yaitu sembelit. Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan sistem pencernaan yang mana penderitanya akan mengalami pengerasan tinja, sehingga tinja akan sulit keluar.

Rasa sakit yang sangat hebat biasanya akan dirasakan oleh penderitanya. Gangguan sistem pencernaan ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi kurma ketika berbuka puasa. Kurma memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan sangat efektif dalam mengatasi masalah sistem pencernaan.

Edt: Redaksi (AN)