Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Buka Puasa

Foto: (Ist)

“Meskipun perut sedang lapar dan dahaga, bukan berarti Anda bisa seenaknya makan apa saja tanpa memperhatikan dampaknya bagi kesehatan tubuh”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Buka puasa merupakan momen yang paling dinanti usai seharian penuh menahan lapar dan dahaga. Saat adzan maghrib berkumandang, kita pasti tak akan segan-segan melahap apa saja yang ada di atas meja makan. Padahal kebiasaan seperti itu tidak baik untuk kesehatan.

Meskipun perut sedang lapar dan dahaga, bukan berarti Anda bisa seenaknya makan apa saja tanpa memperhatikan dampaknya bagi kesehatan tubuh. Jika selalu melakukan hal seperti itu saat buka puasa, jangan salahkan siapapun kalau nanti ada masalah dengan perut Anda.

Berikut ini ada beberapa kesalahan fatal yang kerap dilakukan banyak orang saat buka puasa. Pasti salah satunya sering Anda lakukan.

1). Makan terlalu cepat

Karena kondisi lapar, kebanyakan dari kita suka mengunyah makanan dengan cepat. Jika makanan yang dikunyah tidak terlalu lemas, hal ini akan membuat perut kesulitan untuk mencernanya. Pada akhirnya perut akan terlihat kembung dan bisa menyebabkan sakit perut serta kram.

Oleh sebab itu, makanlah dengan pelan dan santai. Kunyahlah makanan sehalus mungkin agar perut yang tadinya beristirahat bisa bekerja lagi dengan baik.

2). Makan berlebihan

Selama delapan jam tidak makan ataupun minum, tak heran jika kebanyakan orang suka makan berlebihan saat buka puasa. Sebenarnya makan berlebihan bisa membuat perut terkejut dan akhirnya bisa menyebabkan sakit perut atau kram.

Makanlah secukupnya, jangan sampai Anda melahap apa saja yang ada di meja makan. Yang lebih buruknya lagi jika Anda mengonsumsi makanan pedas ketika buka puasa. Hal itu harus Anda hindari karena perut masih dalam keadaan kosong atau nanti perut Anda jadi sakit.

3). Minum air dingin

Banyak orang yang berbuka didahului dengan minum air dingin dengan alasan menyegarkan diri dan menghilangkan rasa haus.

Saat berpuasa, kondisi perut sedang kosong sehingga asam lambung akan meningkat. Jika buka puasa didahului dengan minum air dingin, maka itu bisa menyebabkan perut jadi kram. Selain itu perut juga akan kesulitan untuk mencerna makanan.

Jadi minumlah air putih biasa, lebih baik lagi minum air hangat ketika buka puasa tiba. Dengan demikian, perut tidak akan terlalu terkejut ketika menerima asupan makanan lagi.

 Edt: Redaksi (AN)