Keutamaan Surat Yusuf dan Manfaat Membacanya

Foto: Google

“Barang siapa yang membaca Surat Yusuf ayat 64, dirinya akan dihindarkan dari kesukaran hidup”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Terdapat beberapa keutamaan Surat Yusuf yang wajib diketahui umat Islam. Surat Yusuf merupakan salah satu surat yang menceritakan kisah Nabi Yusuf secara keseluruhan. Dengan membacanya, diharapkan umat akan semakin mencintai beliau dan bisa mengambil pelajaran dari kejadian yang termaktub dalam Alquran.

Berikut ini akan dijabarkan keutamaan dan manfaat membaca Surat Yusuf setiap hari.

Keutamaan Surat Yusuf

1). Barang siapa yang membaca Surat Yusuf ayat 64, dirinya akan dihindarkan dari kesukaran hidup.

“Bagaimana aku akan mempercayakan (Bunyamin) kepadamu, seperti aku telah mempercayakan saudaramu (Yusuf) terdahalu? Maka Allah adalah penjaga terbaik dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang.” (Q.S Yusuf ayat 64)

2). Orang tua yang membacakan surat Yusuf ayat 68 menjadi harapan bahwa anak keturunannya akan dijadikan orang-orang yang sholeh

“Dan ketika mereka masuk sesuai dengan perintah ayah mereka, (masuknya mereka itu) tidak dapat menolak sedikitpun ketentuan Allah, hanya suatu keinginan pada diri Ya’qub yang telah ditetapkan. Dan sesungguhnya dia memiliki pengetahuan, karena Kami telah mengajarkan kepadanya. Tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Q.S Yusuf ayat 68)

3). Seseorang yang rutin membaca surat Yusuf setiap hari, Allah akan memberikan kekuatan agar tidak mudah dihasut.

Hal ini sesuai dengan kutipan dalam kitab Majmu’ul Bayan bahwa Rasul bersabda : Ajarkan Surat Yusuf kepada budak dan keluagamu. Seseorang yang membaca dan mengajarkannya akan Allah berikan kemudahan saat sakaratul mautny, serta Allah akan memberikan kekuatan agar tidak mudah dihasut.

4). Surat Yusuf ayat 4 bisa menjadi solusi untuk pencari jodoh, agar dimudahkan perjuangannya. Ayat ini juga akan memupuk rasa cinta antarpasangan bila dibaca sebelum berjumpa dengannya.

“Dan ingatlah ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, Wahai ayahku, sungguh, aku (bermimpi) melihat 11 bintang, matahari, dan bulan, semuanya sujud kepadaku.” (Q.S. Yusuf ayat 4)

Ayat 4 dalam Surat Yusuf di atas juga sangat baik dibaca setelah shalat fardu, karena manfaatnya akan membuat wajah berseri, disegani, dan dikasih oleh orang lain.

Kesadaran akan keutamaan Surat Yusuf di atas diharapkan bisa menjadi pengingat. Bahwa apapun yang telah terjadi di masa lampau bisa menjadi pembelajaran paling berharga, tak terkecuali kisah Nabi Yusuf. Nabi tertampan di muka bumi itu menjadi kesayangan Allah yang juga patut diteladani keimanannya. (KR)

Edt: Redaksi (AN)