Khasiat Surat Al Ikhlas bagi Orang yang Membaca Secara Rutin

Foto: Google

“Surat Al Ikhlas ini juga sebanding dengan sepertiga Al-qur’an.”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Surat Al Ikhlas menjadi salah satu surat yang paling sering kita baca dalam keseharian kita, seperti dalam bacaan sholat wajib. Di samping surat ini merupakan surat yang mudah di hafal, surat ini juga ternyata memiliki sederet keutamaan yang dipercaya sebagai khasiat surat Al Ikhlas bagi orang yang membacanya.

Khasiat Surat Al Ikhlas Sebagai Keutamaan dan Manfaatnya

Surat Al Ikhlas yang terdiri dari 4 ayat ini membuat dapat mudah di hafal, terutama bagi yang baru mempelajari agama Islam dan juga bagi anak-anak. Surat Al Ikhlas ini juga ternyata memiliki khasiat sebagai keutamaan dan manfaat bagi tiap-tiap orang Islam yang mengamalkannya.

Khasiat surat Al Ikhlas salah satunya adalah dapat menjadi doa perlindungan bagi siapapun yang membacanya. Untuk dapat menjadi doa permohonan perlindungan, surat Al Ikhlas dibaca dengan surat An Nas dan surat Al Falaq sebanyak tiga kali. Biasanya surat-surat ini dibaca pada saat dzikir pagi dan petang atau sebelum tidur.

Surat Al Ikhlas ini juga dapat mendatangkan pahala yang bermanfaat bagi kehidupan kita di akhirat nanti. Surat Al Ikhlas ini juga sebanding dengan sepertiga Al-qur’an. Hal ini seperti pada hadist yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang berisi sabda Rasulullah SAW:

Dari Abu Said (Al Khudri), seorang laki-laki mendengar seseorang membaca dengan berulang-ulang Qul huwallahu ahad. Pagi hari, orang yang mendengar tadi mendatangi Rasulullah SAW dan menceritakan kejadian tersebut dengan nada seakan-akan merendahkan surat al Ikhlas. Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat ini sebanding dengan sepertiga Al-qur’an.” (HR. Bukhari no. 6643)

Surat Al Ikhlas ini yang dihukumi sebagai sepertiga dari Al-qur’an, maka dari itu dengan membacanya sebanyak tiga kali, maka pahala yang Anda dapatkan setara dengan satu kali khatam Al-qur’an. Hal ini seperti yang disabdakan Nabi pada hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini:

Dari Abu Darda dari Rasulullah SAW bersabda, “Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al-qur’an dalam semalam?” Mereka mengatakan, “Bagaimana kami bisa membaca seperti Al-qur’an?” Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Qul huwallahu ahad (Surat Al Ikhlas) itu sebanding dengan sepertiga Al-qur’an.” (HR. Muslim no. 1922)

Masih banyak lagi khasiat surat Al Ikhlas dan juga keutamaan dan manfaatnya, terutama bagi orang yang membacanya secara rutin setiap hari. Semoga kita dapat terus istiqomah dalam mengamalkan amalan baik yang bernilai pahala di sisi Allah SWT. (NH)

Edt: Redaksi (AN)