Kolestrol di Usia Muda Bisa Memperpendek Usia

Foto (Ist): orang-orang usia muda sebaiknya juga mulai waspada dengan kesehatan jika punya kolesterol tinggi

JAKARTA (Bintangtimur.net) – Banyak orang pasti sudah tahu bahwa kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh yang tinggi bisa membahayakan kesehatan, terutama kesehatan kardiovaskular yang meliputi kesehatan jantung. Itulah mengapa, kadar kolesterol jahat juga menjadi faktor resiko yang dapat memperpendek usia.

Dilansir dari Healthline.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menyatakan bahwa orang-orang usia muda sebaiknya juga mulai waspada dengan kesehatan jika punya kolesterol tinggi, karena masalah kecil bersangkutan dengan kesehatan dapat menimbulkan dampak besar terhadap kesehatan di masa depan.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 36 ribu partisipan dengan rentang usia rata-rata 42 tahun dan dilakukan selama 27 tahun ini menemukan bahwa mereka yang memiliki kondisi tubuh tinggi kolesterol saat masih muda memiliki risiko 30-40% lebih rentan terserang penyakit jantung.

Pemimpin penelitian, Dr. Shuaib Abdullah, mengungkapkan bahwa tujuan sebenarnya penelitian ini adalah untuk mengetahui kapan atau di usia berapa sebaiknya orang menjalani terapi menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Dan ternyata banyak orang dengan riwayat kolesterol tinggi sejak semasa hidupnya masih muda punya risiko lebih rentan mengalami penyakit jantung di masa depan.

Jadi, jangan abaikan kondisi kesehatan dan kadar kolesterol sejak muda, karena ternyata risikonya lebih besar ketika tua nanti. (Ic)

Leave a Reply

Your email address will not be published.