Kondisi Siang Hari di Jambi Seperti di Palnet Mars

Foto: (Ist)

“Iya bang, kondisinya buruk. Sampai saat ini menguning warnanya bang,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Kabut asap yang kian pekat dan kebakaran hutan di kawasan Jambi membuat Desa Pulau Mentaro, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muaro, Jambi seolah tidak seperti di bumi.

Cuaca di wilayah tersebut diselimuti kabut asap hingga langit terlihat berwarna merah kekuning-kuningan seperti Planet Mars.

“Iya bang, kondisinya buruk. Sampai saat ini menguning warnanya bang,” kata seorang warga saat dihubungi via WhatsApp, seperti dilansir Jambiseru.com-jaringan Suara.com pada Sabtu (21/9/2019).

Dikatakannya, langit merah kekuning-kuningan itupun tidak hanya menyelimuti Desa Pulau Mentaro. Langit merah kekuning-kuningan itu mulai menyelimuti dari Desa Sipin Teluk Duren hingga ke Desa Petanang.

“Mulai dari Desa Sipin Teluk Duren sampai ke Desa Petanang, bang,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan bahwa, kondisi cuaca seperti ini telah berlangsung dari kemarin, Jumat (20/9/2019) lalu. Namun, tampak parahnya terjadi pada hari ini, Sabtu (21/9/2019).

“Dari kemaren sih bang. Kalau sebelumnya itu mulai dari jam 15.00 WIB sore. Kalau hari ini mulai jam 10.00 WIB pagi sudah gelap,” sebutnya.

Akibat dari gelapnya cuaca hari ini di desa tersebut, kata dia, masyarakat di sana tidak ada yang beraktifitas di luar rumah.

“Banyak di dalam rumah lah bang, dan juga kendaraan pun yang lewat sepi,” katanya.

Edt: Redaksi (AN)