Langkah MOI Semakin Mantap, Pra-UKW Angkatan IV Akan Segera Digelar

Foto: Doc. DPP MOI

“Kami telah melaksanakan workshop Pra-UKW (Uji Kompetensi Wartawan) hingga angkatan ketiga, dan rencananya angkatan keempat akan digelar 4 Juli mendatang,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Langkah Perkumpulan MOI Media Online Indonesia (MOI) makin mantap, bahkan dapat diprediksi meninggalkan organisasi media yang lain dalam kaitan peningkatan kualitas wartawan.

Bukti konkrit DPP MOI pasca Rapat Kerja Nasional (Rakernas) November 2019 telah menjalankan rekomendasi rakernas, salahsatunya meningkatkan mutu wartawan yang tersebar di berbagai media online di Indonesia.

“Kami telah melaksanakan workshop Pra-UKW (Uji Kompetensi Wartawan) hingga angkatan ketiga, dan rencananya angkatan keempat akan digelar 4 Juli mendatang,” ujar Ketua Umum DPP MOI, Rudi Sembiring Meliala menjawab pertanyaan awak media tentang pelaksanaan workshop Pra-UKW yang masih berlanjut.

Rudi, sapaan akrab Ketua Umum DPP MOI ini menjelaskan, workshop Pra-UKW virtual angkatan IV dilaksanakan bekerkasama dengan Solopos Institute, disajikan dengan memanfaatkan teknologi aplikasi Zoom. DPP MOI memastikan Pra-UKW akan berlanjut pada penyelenggaraan UKW.

Foto: Doc. DPP MOI

“Kami dari DPP MOI terus melakukan pembinaan dan pendampingan, baik perusahaan media online juga para jurnalis. Kalau untuk perusahaan media, DPP MOI mengarahkan dan mengupayakan semua Media Online Anggota MOI berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT), sesuai aturan yang ditetapkan Dewan Pers. Untuk itu, DPP MOI mensubsidi biaya administrasi pengurusan penerbitan PT bagi Anggota. Kemudian para jurnalis, kita arahkan mengikuti Pra-UKW sebelum menuju UKW,” ujar Rudi Sembiring Meliala.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana Workshop, Agung Santoso yang dihubungi secara terpisah, menegaskan pelaksanaan Pra-UKW angkatan IV boleh diikuti para peserta Pra-UKW angkatan I, II dan III.

“Bagi teman-teman yang ingin memperkuat pengetahuannya untuk persiapan UKW, maka dipersilahkan untuk ikut Pra-UKW angkatan IV, mungkin waktu mengikuti angkatan sebelumnya masih kurang maksimal, apalagi dengan waktu 4 jam untuk membahas 12 materi yang diujikan,” tutup Agung Santoso yang juga Ketua DPW MOI Jawa Timur.

Foto: Doc. DPP MOI

Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) didirikan 28 September 2018 ini cukup agresif melakukan konsolidasi ke daerah, guna melengkapi persyaratan menjadi Anggota Dewan Pers. DPP MOI dipimpin oleh: Ketua Umum, Rudi Sembiring Meliala; Ketua Harian, Siruaya Utamawan; Sekjen, HM. Jusuf Rizal; dan Bendum, Hj. Candra Manggih. (KR)

Edt: Redaksi (AN)