Langkah Pak Luhut Sangat Tepat

Foto: Doc. Dian Sandi Utama

“Pak Menko memberi ruang moratorium pada regulasi ini untuk kemudian kami harap dapat mengambil keputusan untuk direview,”

Oleh: Dian Sandi Utama (Blue Green Indonesia)

Jakarta (Bintangtimur.net) – Dengan dikeluarkannya Surat Edaran No. Jakarta (Bintangtimur.net( – B.2281 Tentang Penghentian Sementara Ekspor Benur, menurut kami langkah yang diambil oleh Menko Marinves ad. Interim Menteri Kelautan dan Perikanan sangat tepat.

Pak Menko memberi ruang moratorium pada regulasi ini untuk kemudian kami harap dapat mengambil keputusan untuk direview, karena aturan ini telah terbukti memberi celah terjadinya korupsi. Namun kami tidak akan terlalu jauh bicara soal itu, kami konsisten soal lingkungan.

Semenjak berlakunya Permen KP No.12 Tahun 2020 ini, dibeberapa wilayah pesisir pantai terjadi aktivitas penangkapan yang luar biasa, fakta dilapangan juga nelayan tidak mengikuti standar alat dan pola tangkap yang di atur lewat Permen sehingga laut menjadi terlihat kotor. Tentu untuk wilayah-wilayah pariwisata seperti Lombok dan lainnya, pemandangan seperti itu menjadi tidak relevan dengan branding pariwisata laut kita.

Belum lagi kita bicara plasma nutfah sebagai sumberdaya alam, seperti yang selalu kami sampaikan kepada Pak Edhy dulu, ini kita belum tuntas pelajari dengan benar, sehingga sekali lagi penundaan ekspor ini menurut kami menjadi sangat tepat. Mari kita berhenti berjudi dengan kehidupan.

Edt: Redaksi (AN)