Lima Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Surat Al Mulk

Foto: Google

“Surat Al Mulk memiliki keistimewaan atau fadhilah, keistimewaan yang dimiliki surat Al Mulk berbeda dengan surat-surat Al-Qur’an lainnya”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Surat Al-Mulk adalah surah yang ke-67 dalam urutannya di Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat, dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. Surat Al Mulk diturunkan setelah surat At-Tur. Surat Al Mulk diambil dari kata “Al Mulk” yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya kerajaan atau kekuasaan. Surat Al Mulk juga disebut dengan surat “At-Taba-rak” yang artinya Maha Suci.

Surat Al Mulk memiliki keistimewaan atau fadhilah, keistimewaan yang dimiliki surat Al Mulk berbeda dengan surat-surat Al-Qur’an lainnya. Salah satunya surat Al Mulk bisa menjadi penolong atau penghalang dari siksa kubur bagi orang yang sering membacanya.

Berikut beberapa keistimewaan dan keutamaan surat Al Mulk bagi orang yang senantiasa membacanya!

1). Mendapatkan syafaat dan diampuni dosanya

Salah satu keistimewaan surat Al-Mulk yang akan diperoleh bagi pembacaanya adalah syafaat yang diartikan sebagai “suatu pertolongan”. Kelak umat Islam akan mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW atas izin Allah.

Selain dari Nabi Muhammad SAW, ternyata surat Al Mulk bisa memberikan syafaat bagi orang-orang yang senantiasa membaca dan mengamalkan isi kandungannya sehingga diampuni dosa-dosanya. Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Bahwasanya suatu surat di dalam Al-Qur’an mempunyai tiga puluh ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Alloh dosa orang itu, yaitu: TABARAKAL-LAZI BI YADIHIL-MULK= Maha Suci Allah yang ditangan-Nyalah Segala kerajaan”. (HR.Abu Dawud)

2). Nabi sangat senang jika surat ini berada di hati orang mukmin

Kesenangan atau kebahagiaan pastinya memiliki ukuran dan patokannya masing-masing yang tidak bisa disamaratakan. Sebagai umat Islam tentunya memiiki keinginan untuk memberikan rasa senang kepada nabi kita Muhammad SAW seperti melalui baca shalawat kepada Nabi SAW.

Selain melalui shalawat, Nabi Muhammad SAW juga sangat senang jika surat Al Mulk sering dibaca dan diamalkan isinya sehingga mampu memberikan ketentraman hati bagi pembacanya. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Saya gemari supaya surat ini (Tabarakal-lazi bi yadihil-mulk ) terdapat di setiap hati orang mukmin” (HR. Al Hakim).

3). Menyelamatkan dari siksa kubur

Setiap manusia pasti akan mengalami kematian dan akan berpindah dari alam dunia ke alam kubur. Selain siksa api neraka yang begitu panas, manusia juga akan mendapatkan siksa kubur untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatanya selama ia hidup di dunia.

Salah satu yang bisa memberikan pertolongan siksa kubur adalah amal yang ia lakukan seperti membaca Al-Qur’an. Surat Al Mulk menjadi salah satu dari beberapa surat yang bisa menyelamatakan dari siksa kubur, sebagaimana sabda Nabi SAW artinya:

“Barang siapa membaca “Tabarakal-lazi bi yadihil -mulk” setiap malam, maka Allah Ta’ala akan menyelamatkannya dari siksa kubur” ( HR. An Nasa’i).

Dan dari ibnu Abbas ra. dari Nabi Saw. Bahwasanya ia bersabda yang artinya:

“(Surat Tabarak) disebut Al-Munjiyah, yaitu surat yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur.” (HR. At Turmudzi)

4). Allah akan menetapkan 30 kebaikan, 30 ampunan kejelekan dan ditinggikan 30 derajat

Setiap manusia pasti menginginkan ampunan dari Allah SWT dan kebaikan bahkan pada saat kita sedang istirahat. Ampunan dan kebaikan akan kita dapatkan apabila kita rutin membaca surat Al Mulk sebelum tidur. Bahkan selain ampunan dan kebaikan Allah akan menaikkan derajatnya masing-masing 30 kebaikan, 30 ampunan.

Keistimewaan lainnya surat Al Mulk bagi pemabacanya, ia akan mendapat naungan malaikat, dan menolak siksa kubur dan mahsyar. Dari Ibnu Abbas ra. bahwa ia berkata, Rasulullah saw. bersabda yang artinya:

“Bahwasanya aku tidak menjumpai di dalam kitab Allah suatu surat yang terdiri 30 ayat. Barangsiapa membacanya ketika akan tidur, maka dengan pembacaan itu Allah menetapkan tiga puluh kebaikan baginya, dihapuskan tiga puluh kejelekannya, ditingkatkan baginya tiga puluh derajat, dan Allah mengutus seorang malaikat dari para malaikat untuk mengembangkan sayapnya untuknya dan menjaganya dari segala kejahatan hingga ia bangun. Surat ini dapat menolak siksa kubur dan mahsyar, yaitu “TABARAKAL-LAZI BI YAHDIHIL-MULKU.” (HR.Ad Dailami)

5). Mampu memberikan syafaat pada hari kiamat

Selain mampu menyelamatkan dari siksa kubur, memberikan ampunan, dan menetapkan kebaikan dan menghilangkan kejelekan bagi pembacanya. Surat Al Mulk juga dalat memberikan syafaat pada hari kiamat dan mengelurakan pembacanya dari neraka kemudia dimasukkan ke surga. Sebagaimana hadist dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Rasulullah saw. bersabda yang artinya:

“Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukannya ke surga yaitu surat “Tabarak”. (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi, dan Beliau menghasankannya. Juga dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’).

Itulah 5 keutamaan surat Al Mulk. Setelah kita tahu keistimewaannya, mari kita secara perlahan belajar secara rutin membaca serta mengamalkan isi kandungannya agar kita mendapatakan ampunan Allah, dan syafaat dari surat Al Mulk yang kita baca.

Sangat istimewanya surat Al Mulk, Nabi Muhammad belum mau tidur sebelum membacanya, Imam Abu Zubair dari sahabat Jabir Ra berkata:

Nabi Muhammad saw tidak mau tidur jika belum membaca surat “As -Sajdah” dan “Al Mulk”. (GI)

Edt: Redaksi (AN)