Lomba Bakiak Hingga Balap Karung Ramaikan Acara Agustusan di Washington

Foto: (Ist)

“Piknik ini dimaksudkan untuk memperkuat silaturahmi, kebersamaan, dan persaudaraan kita sebagai sesama anak bangsa yang hidup di Amerika Serikat”

Washington (Bintangtimur.net) – Amerika Serikat (5/8/2019). Sekurangnya enam ratus masyarakat dan diaspora Indonesia dari berbagai kelompok komunitas memenuhi Black Hill Regional Park, Maryland (Minggu, 4/8). Mereka datang dari Washington, Maryland, Virginia dan wilayah-wilayah sekitarnya untuk bersama-sama memeriahkan piknik Agustusan dalam rangka peringatan Kemerdekaan ke-74 RI.

Angka tersebut masih ditambah lagi dengan sejumlah masyarakat AS yang ikut berpiknik. Diantara masyarakat AS itu adalah teman atau kerabat masyarakat Indonesia, relawan Peace Corps yang sebelumnya pernah tinggal di tanah air, ataupun warga setempat yang kebetulan sedang jalan-jalan menghabiskan akhir pekan di taman yang memang terbuka untuk umum itu.

Doa bersama mengawali pembukaan acara piknik untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan serta memohon agar seluruh anak bangsa Indonesia terus menjaga persatuan dan mampu mengisi kemerdekaan dengan pembangunan. Secara khusus, doa juga ditujukan bagi seluruh korban gempa bumi yang baru-baru ini terjadi di Banten dan sekitarnya.

Foto: (Ist)

Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dikumandangkan dengan khidmat oleh seluruh peserta piknik dan dilanjutkan dengan lagu-lagu nasional, “Padamu Negeri” dan “Hari Kemerdekaan”.

“Piknik ini dimaksudkan untuk memperkuat silaturahmi, kebersamaan, dan persaudaraan kita sebagai sesama anak bangsa yang hidup di Amerika Serikat. Lebih dari itu, rangkaian kegiatan memperingati kemerdekaan Indonesia ini diharapkan makin mempertebal rasa kebangsaan kita. Saya bangga saat menyaksikan anak-anak begitu semangat menyanyikan Indonesia Raya,” ungkap Dubes Mahendra Siregar yang hadir bersama isterinya, Ita Siregar. 

Usai Dubes RI membuka acara, seluruh peserta piknik langsung berbaris rapi dan bersama-sama membawakan tari Poco-poco Gembira. Usai menari bersama, para peserta menuju Panitia untuk mendaftar ikut lomba-lomba khas Agustusan.

Anak-anak dan orang dewasa larut dalam keceriaan piknik melalui berbagai lomba yang digelar seperti jalan di atas bakiyak, egrang, balap karung, makan krupuk, dan pecah balon. Lomba-lomba lainnya saat piknik adalah catur, gaple, voli pantai, dan sepeda gembira (funbike/roadbike).

“Amazing!”, ujar Drew Yerkes, eks relawan Peace Corps yang pernah tinggal di Pacitan, Jawa Timur, mengomentari meriahnya piknik bersama masyarakat Indonesia.

“Bakso dan sate di piknik ini sangat enak,” ungkap Matt Gendron, Peace Corps Country Desk Officer untuk Indonesia, Tiongkok, Mongolia, dan Sri Lanka yang mengaku selalu kangen makanan Indonesia seperti saat tinggal di Cirebon, Jawa Barat, tahun 2013-2015.

“Ini mirip sekali dengan suasana Agustusan di kampung halaman!” komentar Fadjril Asikin, salah satu sesepuh masyarakat Indonesia di Washington, yang akrab disapa Bang Uyung ini.

Teriknya musim panas di Amerika Serikat tidak menyurutkan semangat komunitas Indonesia untuk mengikuti berbagai lomba Agustusan yang digelar dari pagi hingga menjelang matahari terbenam. Sorak-sorai para penonton kerap terdengar saat lomba dan pertandingan berlangsung.

“Tidak usah berfikir menang atau kalah. Yang penting ikut meramaikan pesta kemerdekaan!,” ucap Alexa, warga AS yang masih ngos-ngosan karena baru saja ikut lomba balap karung kategori perempuan dewasa.

“Lucu banget! Momen seperti ini sangat menghibur dan hanya ada saat Agustusan,” komentar Rini terkekeh menyaksikan suaminya yang bersarung menendang bola.

“Kita suka ikut lomba ini. Apalagi kita jadi juaranya!,” ujar Mawiya dan Nina kompak karena kedua anak ini tidak menyangka bisa memenangkan lomba berjalan menggunakan bakiyak.

Di luar piknik, di tiap akhir pekan sepanjang Agustus 2019, digelar pula lomba dan pertandingan bowling, pingpong, badminton, dan futsal. Hadiah untuk seluruh pemenang akan diberikan saat acara puncak HUT ke-74 RI, yaitu panggung gembira yang digelar bersama bazaar, tanggal 25 Agustus 2019.

Edt: Redaksi (AN)