Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Foto (Ist): Beberapa contoh makanan untuk kesehatan mata 

JAKARTA (Bintangtimur.net) – Makanan yang kita konsumsi tidak hanya dapat diubah menjadi energi untuk beraktifitas, namun juga memberi manfaat kesehatan bagi tubuh dimana salah satunya adalah mata. Nutrisi yang terkandung dalam beberapa makanan dapat melindungi mata dari beberapa penyakit.

Memiliki pola makan yang sehat dan seimbang merupakan kunci untuk menjaga kesehatan mata dan dapat mengurangi resiko gangguan pada mata. Gangguan serius pada mata dapat dicegah dengan konsumasi makanan yang mengandung vitamin, nutrisi dan mineral.

Dilanmsir dari vivahealth.co.id, gangguan mata yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti:

  • Katarak
  • Penurunan fungsi mata karena usia
  • Glaucoma
  • Mata kering
  • Penurunan penglihatan saat malam hari

Antioksidan dibutuhkan untuk menjaga mata agar tetap sehat. Berikut beberapa jenis antioksidan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata:

  • Lutein
  • Zeaxanthin
  • Vitamin A,C,E
  • Beta karoten
  • Asam lemak omega-3
  • Zinc

Berikut adalah makanan terbaik untuk kesehatan mata yang dapat dijumpai dengan mudah.

Ikan
Mengkonsumsi ikan, terutama ikan salmon dapat menjadi makanan untuk menjaga kesehatan mata. Ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yaitu DHA dan EPA yang dapat membantu perkembangan penglihatan dan kesehatan retina serta dapat membantu mencegah mata kering. Omega-3 juga dapat melindungi mata dari glaucoma.

Telur
Telur merupakan makanan yang bagus untuk dikonsumsi bagi kesehatan mata. Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan zinc, semua kandungan penting untuk kesehatan mata. Vitamin A memiliki peran untuk melindungi permukaan mata (kornea). Lutein dan zeaxanthin dapat menurunkan resiko terjadinya katarak dan penurunan fungsi mata karena usia. Zinc membantu menjaga kesehatan retina yang merupakan bagian belakang pada mata dan berfungsi membantu mata melihat pada malam hari.

Almond
Kacang almond memiliki kandungan vitamin E. mengkonsumsi vitamin E dalam jumlah yang teratur dapat membantu mencegah gangguan mata karena usia dan katarak.

Produk susu
Produk susu seperti susu dan yogurt dapat memberikan efek baik bagi mata. Kandungan dalam produk susu seperti vitamin A, zinc dan mineral dapat menjaga kesehatan mata secara keseluruhan mulai dari kornea, jaringan pada mata dan retina.

Wortel
Wortel sudah sangat terkenal untuk menjaga kesehatan mata. Wortel memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten yang dapat membantu menjaga permukaan mata, mencegah infeksi mata dan gangguan mata serius lainnya. Selain wortel, buah-buahan dan sayuran lain yang berwarna jingga seperti ubi jalar, blewah dan manga juga memiliki kandungan beta karoten yang tinggi.

Kale/ Kubis Daun
Kale memiliki kandungan tinggi vitamin, nutrisi dan mineral penting yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Kale juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang juga dapat ditemukan dalam telur dan makanan lainnya. Nutrisi ini dapat membantu mencegah gangguan mata yang serius karena usia dan katarak. Tubuh tidak dapat membentuk sendiri lutein dan zeaxanthin sehingga harus diberikan lewat makanan sehari-hari. Dalam 100 gram kale mengandung 11,4 mg lutein dan jumlah lutein yang disarankan setiap harinya adalah 10 mg per hari. Sayuran lain yang memiliki kandungan tinggi lutein adalah cabai merah dan bayam. Kale dapat diolah dengan cara ditumis atau dimasukkan dalam campuran salad.

Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang merupakan kunci untuk kesehatan mata. Vitamin C umumnya ditemukan pada buah-buahan dan sayuran segar. Vitamin C berperan dalam menjaga kesehatan pembuluh darah pada mata sehingga dapat mencegah perkembangan katarak dan gangguan mata karena usia.

Daging Sapi dan Unggas
Zinc memiliki peran membawa vitamin A dari hati ke retina. Makanan yang memiliki kandungan zinc tinggi adalah kerang, daging sapi, babi dan ayam.

Brokoli
Brokoli memiliki kandungan vitamin A (lutein, zeaxanthin dan beta karoten), vitamin C dan vitamin E yang dapat melindungi sel-sel pada mata dari radikal bebas. (Rf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.