Manfaat Bayam Hijau Bagi Kesehatan

Foto: Google

“Sayuran yang berasal dari Asia ini memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Tidak hanya nikmat untuk disantap, manfaat bayam bagi kesehatan juga banyak. Sayuran yang umum ditemukan sehari-hari ini memiliki kandungan gizi yang beragam, rendah kalori, dan kaya serat.

Sayuran yang berasal dari Asia ini memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat, klorofil, dan antioksidan. Selain itu, sayuran hijau yang satu ini mengandung sedikit kalori dan lemak.

Mengonsumsi bayam dapat membantu hal-hal berikut ini:

1). Mengurangi radang

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan. Pada penyakit seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan merupakan penyebab munculnya nyeri pada sendi.

2). Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bayam tinggi akan kandungan vitamin A, C, dan folat, serta magnesium. Yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

3). Mencegah anemia

Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik. Namun, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi ketika dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

4). Menjaga agar mata tetap sehat

Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi Anda terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.

5). Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Salah satu manfaat bayam adalah menurunkan risiko menderita penyakit kardiovaskular. Hal ini karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

6). Mengurangi risiko terkena kanker

Kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam, mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh Anda. Sering mengonsumsi bayam, juga meminimalkan risiko munculya berbagai jenis kanker.

7). Menjaga kesehatan kulit

Bayam kaya akan kandungan antioksidan, sehingga sangat baik untuk perlindungan kulit.

Namun perlu diingat, bahwa mengonsumsi bayam saja tidak dapat menangkal semua penyakit di atas. Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dengan memerhatikan pola makan atau mengonsumsi satu jenis makanan saja, akan tetapi juga dengan rutin berolahraga, cukup tidur, serta mengurangi stres.

Tak hanya baik untuk dikonsumsi orang dewasa dan anak-anak, bayam juga baik dikonsumsi oleh bayi yang sudah mulai mendapatkan makanan padat atau makanan pendamping ASI (MPASI). (GI)

Edt: Redaksi (AN)