Manfaat Mandi Sebelum Subuh

Foto: Google

“Wajib kalian ketahui bahwa mandi pagi sebelum sholat subuh adalah salah satu hal yang menyegarkan”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Mandi adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan manusia minimal dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore. Ketika mandi pagi kebanyakan dari orang memilih mandi setelah subuh bahkan terkadang bagi yang tidak memiliki kegiatan mandi ketika matahari sudah mulai naik. Hal tersebut dikarenakan malas atau pun dengan alasan masih mengantuk. Pagi-pagi diguyur air, mending tarik selimut.

Wajib kalian ketahui bahwa mandi pagi sebelum sholat subuh adalah salah satu hal yang menyegarkan. Bukan hanya membuat tubuh segar, tapi banyak terkandung manfaat didalamnya untuk kesehatan bagi tubuh Anda. Apa saja sih manfaat dari guyuran air menjelang subuh tersebut? Simak lima manfaat mandi sebelum subuh berikut ini:

1). Melancarkan peredaran darah dalam tubuh

Manfaat yang pertama dari mandi menjelang subuh adalah melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Bagi Anda yang sering mengeluhkan tentang kesehatan, maka cobalah untuk memulai mandi pagi dan dapatkan kesegaran serta kesehatan tubuh Anda kembali. Ketika peredaran darah lancar maka tubuh Anda akan terlindungi dari berbagai penyakit.

2). Menjadikan kulit wajah awet muda

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit awet muda? Tentu siapapun pasti mendambakannya, terutama sekali para wanita. Kita pasti akan menemukan penuaan, tapi setidaknya kita bisa memperlambat penuaan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan rutin mandi pagi menjelang subuh. Karena di setiap sentuhan air dingin di pagi hari mampu melembabkan kulit sehingga tetap elastis dan keruta-kerutan di wajah pun terhindari.

3). Mencegah penyakit tekanan darah tinggi

Mandi pagi menjelang subuh dapat mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja, dan penyakit tersebut bisa di kategorikan penyakit yang berbahaya. Kebanyakan orang yang berusia 40 tahun ke atas seringkali terserang hipertensi tersebut. Tapi karena gaya hidup yang semakin aneh banyak dari anak muda juga terjangkit hipertensi. Nah cara mandi pagi sebelum subuh lah yang mampu menetralisir itu semua.

4). Meningkatkan jumlah sel darah putih secara signifikan

Sel darah putih adalah salah satu elemen penting pada sistem imun kita. Sel-sel darah putih ini berperan sebagai penjaga dan pembangun sistem imun tubuh. Dengan mandi saat menjelang subuh, sel-sel darah putih dalam tubuh akan meningkat jumlahnya. Dengan demikian, sistem imun tubuh pun akan semakin kuat.

5). Menghilangkan stress

Anda memiliki masalah yang mengharuskan Anda selalu memikirkan hingga stress? Kalau iya, sengan mandi pagi dapat membuat otakmu merasa refresh kembali tanpa merasa stress dan Anda pun bisa menjadi lebih tenang menghadapi semua masalah yang ada. Jangan biarkan stress menyelimuti Anda karena stress dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Bahkan, stress bisa menjadi pemicu timbulnya gangguan kesehatan dan gangguan psikis seseorang. Mandi menjelang subuh secara rutin mampu menghilangkan stress karena pikiran menjadi segar kembali dan siap untuk memulai aktivitas sehari-hari.

Nah itulah sederetan manfaat sehat ketika mandi menjelang subuh bagi tubuh. Terapkan cara ini secara rutin jika ingin mendapatkan kesehatan yang alami. Pastikan Anda selalu bangun pagi dan setelah itu menunaikan sholat subuh.

Semoga bermanfaat. (GI)

Edt: Redaksi (AN)