Manfaat Mengkonsumsi Bawang Merah Bagi Kesehatan

Foto (Ist): Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, biotin, asam folat, chromium, kalsium dan serat

JAKARTA (Bintangtimur.net) – Bawang merah penuh dengan nutrisi dan mengandung banyak senyawa pelindung. Bawang merah memiliki kandungan senyawa sulfur tinggi yang bertanggung jawab atas bau yang kuat dan sifat penyembuhan yang kuat.

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C, vitamin B6, biotin, asam folat, chromium, kalsium dan serat. Selain itu, bawang merah kaya flavonoid terutama quercetin yang merupakan bagian dari serat.

Bawang merah mentah adalah sumber yang kaya akan senyawa organik yang mengandung sulfur. Mengonsumsi bawang merah setiap hari tentu memiliki sangat banyak manfaat kesehatan.

Dilansir dari tribunnews.com, berikut manfaat mengkonsumsi bawang merah mentah:

  1. Meningkatkan kesehatan jantung
    Bawang merah efektif dalam menurunkan kolesterol dan trigliserida. Senyawa belerang dalam bawang bertindak sebagai pengencer darah alami dan mencegah agregasi trombosit. Quercetin mencegah pengerasan arteri dengan mencegah penumpukan plak dan mengurangi risiko serangan jantung.
  2. Mengobati masalah pernapasan
    Anti-inflmasi  pada bawang dapat menenangkan otot-otot saluran pernapasan, mengurangi asma dan bronkitis. Bawang mentah juga efektif mencegah batuk, pilek, flu, bersin-bersin dan hidung meler.
  3. Membantu melawan penyakit yang dibawa makanan
    Antimikroba dari bawang membuatnya berguna dalam mengobati penyakit yang dibawa makanan yang disebabkan oleh infeksi mikroba. Fitokimia dalam bawang merah mengurangi risiko tukak lambung.
  4. Obat yang sempurna untuk sembelit
    Bawang mengandung serat larut yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Makan satu bawang mentah sehari akan menghindari sembelit.
  5. Mengobati tuberkulosis
    Bawang memiliki sifat antiseptik serta antimikroba. Bawang juga dapat menonaktifkan mycobacterium yang menyebabkan tuberkulosis dan mengerahkan efek anti-tuberkular.
  6. Meningkatkan produksi ASI
    Makan bawang mentah memiliki efek yang nyata dalam meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.
  7. Mengatur tekanan darah
    Bawang rendah kalori, rendah sodium dan tidak mengandung lemak. Bawang dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. (Ic)