Manfaat Mengkonsumsi Kurma

Foto (Ist): mengkonsumsi kurma di tengah udara yang terik juga membawa sederet manfaat

JAKARTA (Bintangtimur.net) – Kurma dikenal bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena efektif membantu sistem pencernaan, selain rasanya yang manis.

Selain itu, setelah mengonsumsi kurma dapat meningkatkan energi dalam tubuh serta menjaga kesehatan mata.

Dilansir dari American Cancer Society, asupan serat sebanyak 20-35 gram sangat dianjurkan dalam sehari. Namun mengkonsumsi kurma di tengah udara yang terik juga membawa sederet manfaat.

Berikut ini manfaat mengkonsumsi kurma:

  1. Menguatkan tulang
    Kurma kaya akan mineral yang sangat baik untuk menguatkan tulang dan melawan penyakit yang melemahkan tulang seperti osteoporosis. Selenium, mangan, magnesium dan tembaga dapat menjaga tulang tetap sehat.
  2. Mengobati gangguan usus
    Selain rasanya lezat, kurma juga dapat menyembuhkan berbagai jenis gangguan usus. Tak hanya itu, kurma mengandung serat larut dan asam amino yang membantu kinerja pencernaan dan membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus.
  3. Meredakan sembelit
    Karena serat larut yang tinggi, kurma sangat efektif menyehatkan usus dan mencegah sembelit. Untuk hasil terbaik, dapat merendam kurma dalam air semalaman lalu konsumsilah keesokan harinya.
  4. Mengobati anemia
    Kurma sangat kaya akan zat besi, sehingga merupakan pilihan bagus untuk orang yang menderita anemia. Dengan demikian, akan terhindar dari gejala kekurangan darah seperti lelah dan lesu yang berlebihan.
  5. Meningkatkan berat badan
    Selain mineral, kurma juga mengandung protein dan gula. Dalam 1 kilogram kurma terdapat 3000 kalori, sehingga bagus untuk kamu yang bertubuh kurus dan ingin menambah berat badan namun tetap ideal.
  6. Meningkatkan energi
    Kurma kaya akan pemanis alami seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa yang ampuh meningkatkan energi. Daripada mengonsumsi minuman berenergi, jadikan kurma sebagai camilan sore agar energi meningkat seketika. (Ic)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.