Manfaat Minum Teh Rooibos Bagi Kesehatan

Foto (Ist):  Teh Rooibos terbuat dari daun semak yang disebut Aspalathus linearis, yang biasanya tumbuh di pantai barat Afrika Selatan

JAKARTA (Bintangtimur.net) – Teh Rooibos, umumnya dikenal sebagai teh merah asal Afrika ini, semakin populer karena banyak manfaat kesehatannya.

Teh merah adalah alternatif bebas kafein untuk teh hitam dan hijau dan banyak yang menyarankan bahwa antioksidan dapat membantu melindungi terhadap kanker, penyakit jantung dan stroke.

seperti dilansir dari Boldsky, Teh Rooibos terbuat dari daun semak yang disebut Aspalathus linearis, yang biasanya tumbuh di pantai barat Afrika Selatan.

Ramuannya, daun seperti jarum ini dipanen dan dikeringkan sebelum diseduh menjadi infus herbal coklat kemerahan.

Teh ini memiliki rasa aromatik ringan seperti madu atau vanili. Teh hijau rooibos, yang tidak difermentasi, juga tersedia di pasar dan jauh lebih mahal dan memiliki aroma berumput.

Berikut manfaat kesehatan Teh Rooibos:

  1. Bebas kafein dan asam oksalat & rendah tannin
    Apa yang membuat teh merah Afrika luar biasa adalah bahwa ia bebas kafein dibandingkan dengan teh hijau atau teh hitam yang mengandung kafein di dalamnya. Di sisi lain, teh rooibos rendah kadar tannin yang sangat bagus karena mereka diketahui mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh. Itu tidak mengandung asam oksalat seperti teh hitam atau hijau, dan sejumlah besar asam oksalat dikenal untuk meningkatkan risiko batu ginjal.
  2. Menurunkan risiko penyakit jantung
    Minum teh rooibos bermanfaat bagi jantung. Teh memiliki dampak positif pada tekanan darah karena menghambat aksi enzim angiotensin-converting (ACE). Enzim ini meningkatkan tekanan darah dengan menyebabkan pembuluh darah berkontraksi. Teh merah juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
  3. Mengurangi risiko kanker
    Teh merah memiliki tingkat antioksidan yang meningkatkan kesehatan yang tinggi yaitu aspalathin, luteolin dan quercetin. Antioksidan ini dapat membantu melawan radikal bebas yang menghancurkan sel-sel sehat dalam tubuh. Mereka telah terbukti membunuh sel-sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor.
  4. Membantu dalam penurunan berat badan
    Teh merah rendah kalori yang menjadikannya tambahan yang bagus untuk pilihan minuman sehat Anda saat mencoba menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa aspalathin, antioksidan aktif dalam teh rooibos, membantu mengurangi hormon stres yang memicu penyimpanan lemak dan rasa lapar, sehingga mencegah obesitas.
  5. Menjaga rambut Anda kuat dan sehat
    Penelitian menunjukkan bahwa menerapkan 10 persen ekstrak teh rooibos ke rambut dapat secara signifikan meningkatkan pertumbuhan rambut. Ekstrak teh juga dapat digunakan pada kulit karena sifat anti-inflamasi, antimikroba dan menenangkan.
  6. Meningkatkan kesehatan tulang
    Studi menunjukkan bahwa teh rooibos memiliki berbagai polifenol yang telah terbukti meningkatkan aktivitas osteoblas (sel yang berkembang menjadi tulang). Kehadiran tambahan dari orientin flavonoid dan luteolin dalam teh telah terbukti meningkatkan aktivitas mitokondria dan pertumbuhan tulang. (ZS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.