Marinir Gelar Upacara Peringatan HUT Ke-75 TNI Secara Virtual

Foto: Ist

“Terus tingkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiap-siagaan TNI untuk menerima penugasan. Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Bertempat di Lapangan Hijau Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun Kwitang No. 40 Jakarta Pusat, Senin (05/10/2020), Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han). beserta pejabat utama Mako Kormar secara Virtual mengikuti langsung jalannya Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2020 dari Istana Negara.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, ditengah pandemic Covid-19 Korps Marinir peringati HUT TNI Tahun 2020 secara sederhana namun tidak mengurangi makna serta semangat Peringatan HUT TNI.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Marinir menggelar sebagian kecil alutsista kendaraan tempur yang dimiliki Pasukan Baret Ungu di Lapangan Hijau Mako Kormar.

Upacara HUT TNI Ke-75 Tahun 2020 kali ini bertemakan “Sinergi Untuk Negeri”. Dalam peringatan tersebut Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya menyampaikan secara khusus ucapkan terima kasih kepada para prajurit TNI yang selalu siap memenuhi panggilan tugas yang setia mengawal Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, di wilayah terpencil, di pulau-pulau terdepan, dan yang bertugas di luar negeri sebagai Pasukan Pemelihara Perdamaian.

Lebih lanjut Presiden Republik Indonesia menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada prajurit TNI yang selalu berada di garda terdepan dalam misi kemanusiaan.

“Terima kasih kepada TNI yang terlibat aktif dalam penanganan korban bencana alam dan 8 kebakaran hutan. Terima kasih atas peran aktif TNI dalam penanganan dampak pandemi Covid-19, baik dalam mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan maupun dalam perawatan di rumah sakit TNI.

“Terus tingkatkan kemampuan, profesionalisme, dan kesiap-siagaan TNI untuk menerima penugasan. Pegang teguh amanat Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Jagalah terus kemanunggalan TNI dengan rakyat. Jadikanlah sinergi sebagai kekuatan membangun Negeri, membawa Indonesia menjadi negara maju,” pungkas Presiden RI.

Usai kegiatan tersebut Dankormar beserta seluruh Pejabat Utama Mako Kormar mendapatkan kejutan kembali untuk kesekiankalinya dari personel Korps Brimob dalam hal ini Wadansat Brimob Metro Jaya AKBP Bhakti Suhendarwan,S.I.IK., M.T.C.P., C.F.E., C.Fr.A., C.H.F.I. beserta jajaranya berupa pemberian ucapan selamat, tumpeng dan kue tart, yang sebelumnya Dankormar mendapatkan kejutan yang sama dari Dankor Brimob Irjen. Pol. Drs. Anang Revandoko di Kediaman.

Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han), Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono Inspektur Korps Marinir (Irkormar), Para Asisten Dankormar dan Kadis Korps marinir Hadir dalam Peringatan HUT Ke-75 TNI Tahun 2020. (AF)

Edt: Redaksi (AN)