Mengenal Pohon Bidara dan Manfaatnya

Foto: (Ist)

“Pohon bidara bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 meter dengan ranting dan cabang yang sangat banyak serta di batang pohonya berduri”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Bidara atau nama lainya Ziziphus mauritiana adalah pohon yang menghasilkan buah yang tumbuh ditempat kering, Bidara adalah sebutan bagi tanaman ini dalam bahasa Indonesia. Selain buahnya dapat dikonsumsi, daun bidara ternyata memiliki banyak sekali manfaat.

Pohon bidara bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 meter dengan ranting dan cabang yang sangat banyak serta di batang pohonya berduri, Daun bidara sendiri berbentuk oval dengan permukaan yang halus.

Banyak Orang-orang menganggap pohon bidara ini hanyalah semak belukar, oleh karena itu pohon bidara banyak yang ditebang, sayang sekali padahal pohon bidara memiliki banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Karena pohon bidara ini mudah sekali tumbuh, biasanya dari bekas-bekas penebangan tadi akan muncul tunas-tunas baru yang muncul, pohon bidara bisa tumbuh dari biji yang berasal dari buah bidara yang berguguran.

Pohon dan daun bidara beberapa kali disebut di dalam Al-Quran maupun hadits-hadits Nabi Muhammad SAW hal ini membuktikan bahwa pohon bidara ini memiliki khasiat bagi kesehatan. 

Kedudukan Pohon Bidara Dalam Islam yang disebutkan dalam Al-Quran

Didalam Al-Quran, pohon bidara ini disebutkan beberapa kali. diantaranya :
Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri. (Q.S. Al Waqiah: 27-28)

Secara singkat golongan kanan adalah golongan yang akan masuk surga, Kemudian nantinya didalam surga mereka para golongan kanan berada di antara pohon bidara yang tidak berduri. 

Para ulama tafsir menjelaskan bahwa pohon bidara tersebut adalah pohon bidara yang telah dipotong durinya.

Pohon Bidara disebutkan dalam Hadits diantaranya :

Dari Qois bin ‘Ashim radhiyallahu ‘anhu 
“Sesungguhnya beliau masuk Islam, kemudian Nabi shallallahu‘alaihiwasallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun bidara.” (HR. An Nasai no. 188, At Tirmidzi no. 605, Ahmad 5/61. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

– Hadits yang lain menjelaskan tentang perintah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ummu ‘Athiyah dan kepada para wanita yang melayat untuk memandikan anaknya.

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus (wewangian).” (HR. Bukhari no. 1253 dan Muslim no. 939). 

– Hadits lain yang menjelaskan tentang penggunaan daun bidara adalah hadits ‘Aisyah bahwasanya Asma` binti Syakal bertanya kepada Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam tentang mandi Haid,Nabi shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam menjawab :

“Hendaklah salah seorang di antara kalian mengambil air dan daun bidara kemudian bersuci dengan sempurna kemudian menyiram kepalanya dan menyela-nyelanya dengan keras sampai ke dasar rambutnya kemudian menyiram kepalanya dengan air. Kemudian mengambil sepotong kain (atau yang semisalnya) yang telah diberi wangi-wangian kemudian dia bersuci dengannya. Kemudian Asma` bertanya lagi : “Bagaimana saya bersuci dengannya?”. Nabi menjawab : “Subhanallah, bersuci dengannya”. Kata ‘Aisyah : “Seakan-akan Asma` tidak paham dengan yang demikian, maka ikutilah (cucilah) bekas-bekas darah (kemaluan)”. (HR. Muslim)

Namun meski kamu ketahui Tidak ada dalil dari al-Quran maupun hadis yang menjelaskan penggunaan daun bidara untuk mengobati sihir dan kesurupan jin.

” Yang ada di dalam Hadis yaitu Manfaat Daun Bidara “

Manfaat Daun Bidara

1). Memandikan jenazah

Di dalam hadits yang sudah disebutkan bahwa ketika kalian memandikan jenazah dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara.

Di dalam daun bidara ada semacam kandungan alami untuk membersihkan kotoran caranya daun bidara diremas-remas lalu dicampurkan air maka dapat menghasilkan busa yang bisa digunakan untuk memandikan jenazah.

Seperti ketika memandikan Zainab, putri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika meninggal dunia, yang bertugas memandikan adalah Ummu Athiyah radhiyallahu ‘anha.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh Ummu Athiyah

“Cuci jenazahnya 3 kali, 5 kali, atau boleh lebih dari itu, jika menurutmu dibutuhkan, dengan air dan daun bidara.” (HR. Bukhari 1253)

2). Mengobati gangguan jin dan sihir

Mengenai kaitannya dengan pengobatan kesurupan atau sihir, tidak menjumpai dalilnya, hanya saja para ulama memahami bahwa kajian pengobatan sihir, masuk dalam pembahasan at-Tadawi (pengobatan), dan bukan kajian ibadah, karena itu selama tidak menjerumus ke dalam perbuatan syirik, dan terbukti bisa mengobati, penggunaan media semacam ini maka diperbolehkan.

Pada prakteknya daun bidara digunakan untuk ruqyah syar’iyyah dalam menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin dan sihir-sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun.

Diantara cara mengobati sihir – dan ini obat yang manfaat untuk para suami yang terhalangi sehingga tidak bisa berhubungan badan – dia bisa mengambil 7 lembar daun bidara hijau, kemudian ditumbuk dengan batu atau semacamnya, lalu ditaruh di ember, kemudian dicampur air yang cukup untuk mandi. Kemudian dibacakan ayat kursi, al-kafirun, al-ikhlas, al-falaq, an-Nas.

(beliau menyebutkan beberapa ayat lainnya). (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 3/279)

Salah satu tabi’in yang ahli di dalam ilmu kedokteran yaitu Wahb bin Munabih menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk hingga halus, kemudian daun bidara yang sudah halus tadi di larutkan dalam air dan dibacakan ayat kursi, Al Kafirun, dan tiga qul, yaitu surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas (Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13).

Setelah dibacakan ayat-ayat tadi, air daun bidara tadi diminum dan air sisanya digunakan untuk mandi, Insyaallah penyakit-penyakit yang berasal dari gangguan jin dan sihir akan hilang.

3). Membersihkan Rumah dari gangguan Jin

membersihkan rumah dari kejadia-kejadian aneh hasil dari perbuatan atau gangguan jin
Cara yang paling efektif adalah membacakan surat Al Baqarah secara utuh satu surat.

Hal ini berdasarkan hadist Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim 780, At-Tirmidzi 2877) 

Selain dibacakan surat Al-Baqarah,bisa mengkombinasikan dengan campuran air dengan bidara yang telah dibacakan ayat-ayat ruqyah, ataupun dengan bacaan surat Al-Baqarah. 

Air bidara tadi kemudian dipercikkan atau disemprotkan ke pojok-pojok rumah dan di tempat-tempat yang dirasa banyak terjadi gangguan Jin.

4). Menyembuhkan luka

Manfaat selanjutnya adalah daun bidara ini bisa digunakan dalam penyembuhan luka, seperti luka bakaratau luka tergores, Insya Allah luka kamu kering dan sembuh dengan cepat, karena didalam kandungan daun bidara terdapat suatu zat yang bisa membantu menghentikan pendarahan sehingga luka cepat sembuh

5). Mencegah Diabetes

Penderita diabetes, bisa mencoba ramuan daun bidara untuk membantu menurunkan kadar gula dalam darah untuk hasil maksimal, minumlah secara rutin dan tidak lupa berdoa, karena yang maha menyembuhkan adalah Allah SWT memalui perantara tumbuhan bidara ini penyakit kamu bisa sembuh.

6). Menyehatkan lambung

Lambung merupakan salah satu bagian vital dalam tubuh kita. Karena berfungsi sebagai tempat penampungan dan pengolahan makanan sebelum di kirim ke usus, ketika lambung kita bermasalah, akan menimbulkan banyak penyakit yang membuat kinerja pengolahan makanan terganggu. Seperti penyakit maag, asam lambung, bahkan kanker.

Dengan mengkonsumsi ramuan daun bidara secara rutin akan meminimalisir penyakit yang mengganggu kinerja lambung

7). Mencegah kanker dan tumor

Penyakit tumor dan kanker adalah penyakit yang saling berhubungan, ketika tumor jinak tidak tertangani akan menjadi tumor ganas yang disebut kanker. 

Kedua penyakit ini juga menjadi salah satu penyebab terbanyak kematian manusia, dengan mengkonsumsi daun bidara secara rutin dapat mencegah bahkan mengatasi tumbuhnya tumor dan sel-sel kanker dalam tubuh kamu.

8). Mengatasi haid tidak lancar

Bagi wanita, datang bulan atau haid merupakan sunnatullah, Dalam hal haid, tidak semua wanita mempunyai siklus yang normal, ada sebagaian para wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur padahal siklus haid ini adalah masalah yang sangat penting bagi wanita secara kesehatan maupun dalam hal unutk memiliki momongan.

Jika kaum hawa mengalalmi hal tersebut, bisa menggunakan daun bidara sebagai obat herbal yang diminum secara rutin, Insyaallah dengan rutin disertai kesabaran, masalah haid kamu akan terselesaikan.

9). Membersihkan diri Setelah Haid

Demikian pula, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyuruh wanita yang membersihkan sisa darah haid agar digunakan daun bidara.

Asma’ pernah bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang cara mandi selepas haid. 

Beliau mengatakan:

“Wanita itu bisa mengambil daun bidara dicampur air, lalu berwudhu kemudian mencuci kepalanya” 
(HR. Abu Daud 314 dan dishahihkan al-Albani).

10). Kecantikan

Memiliki wajah cantik, mulus dan bersih adalah dambaan setiap wanita. 
Mememiliki wajah cantik tidaklah cukup kalau tidak sehat, kamu bisa menggunakan masker dari daun bidara untuk mendapatkan semua hal tersebut.

Kecantikan memang hasil pemberian Allah SWT. Namun ketika kecantikan yang diberikan tidak dirawat dengan baik, sama halnya dengan kita kurang bersyukur atas apa yang telah diberikan. kecantikan yang hakiki adalah hati yang selalu taat dan patuh semua perintah dan larangan Allah SWT.

11). Mengatasi jerawat

Daun bidara bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, dengan daun bidara yang digunakan sebagai masker yang digunakan secara rutin, akan sangat efektif dan bermanfaat untuk mengatasi jerawat, tapi dijaman sekarang menemukan daun bidara sulit apalagi di daerah perkotaan.

12). Memperkuat rambut

Rambut adalah bagaikan mahkota bagi kita, pria maupun wanita. 

Masalah rambut rontok adalah salah satu hal yang membuat rasa tidak nyaman dan juga akan mengurangi rasa percaya diri. Sebenarnya masalah rambut rontok adalah bukan masalah yang sepele, apalagi sampai mengalami kebotakan, kamu bisa menggunakan daun bidara untuk mengatasinya. 

Di salah satu hadits disebutkan oleh Rasulullah untuk membasuh rambut sampai keakar-akarnya dengan campuran air dan daun bidara. 

13). Menghilangkan depresi

Gejala depresi harus segera ditangani agar tidak menjadi pemicu penyakit lainnya baik berupa psikis maupun fisik, kamu dapat mencoba ramuan daun bidara untuk mengatasi depresi. 

Di dalam daun tersebut terkandung zat yang mampu membuat saraf kamu rileks dan juga mebuat lancar aliran darah. Sehingga tubuh dan pikiran kamu menjadi kembalii tenang dan depresi kamu akan mulai berangsur membaik.

Jika kamu kesulitan mendapatkan daun bidara yang segar, Saat ini banyak sekali dijual kapsul dan pil yang berasal dari ekstrak daun bidar.

13). Meningkatkan nafsu makan

Menurunnya nafsu makan akan menjadi masalah serius karena bisa mendatangkan berbagai penyakit yang akan mengganggu kesehatan, kamu bisa menggunakan daun bidara sebagai peningkat nafsu makan. 

14). Mengatasi demam

anak-anak atau bahkan orang dewasa mengalami demam, ramuan daun bidara juga bisa digunakan sebagai obatnya. 

15). Mengatasi ejakulasi dini

Ejakulasi dini merupakan penyakit yang paling menakutkan bagi para lelaki. 

Penyakit tersebut bisa saja membuat kamu depresi karena merasa hidup tidak berguna, namun tidak ada salahnya mencoba menggunakan ramuan herbal daun bidara, selain menggunakan daun bidara, kamu juga dapat menggunakan daun kelor, karena salah satu khasiat daun kelor juga dapat mengatasi penyakit disfungsi ereksi.

16). Pakan hewan ternak

Manfaat yang terakhir adalah bisa digunakan sebagai pakan hewan ternak. Karena didalam daun tersebut banyak kandungan yang baik akan sangat bagus dan bermanfaat untuk kesehatan ternak 

Begitulah beebrapa manfaat Pohon Bidara yang telah disebutkan, namun selain dimanfaatkan daunnya, buah bidara juga bisa dijadikan makanan yang lezat.

Buah bidara bisa diolah menjadi manisan, selain dijadikan manisan, bunga bidara juga menjadi konsumsi bagi para lebah madu, Hal itu membuat madu yang dihasilkan memiliki kekhasan dan manfaat lebih tersendiri dari pada yang lain, Madu yang dihasilkan disebut dengan Madu Sidr. 

Masya Allah begitu besar manfaat Pohon Bidara yang diturunkan Allah SWT bagi manusia namun sekarang pohon bidara ini sudah sangat sulit untuk ditemukan.

Edt: Redaksi (AN)