Menlu Retno Marsudi Ke Jepang Sepakati Penguatan Kerjasama Kesehatan

Foto: Ist

“Kita hanya bisa keluar dari masalah Covid-19 ini kalau ada kerjasama multilateral,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menteri Urusan Pemerintahan Jepang Taro Kono di Tokyo Jepang Senin (29/3).

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, kedua Menteri sepakat untuk menjalin kerjasama erat dalam penanganan pandemi Covid-19 dari kedua negara, khususnya dalam hal vaksin Covid-19.

Menlu RI Retno Marsudi dalam pertemuan itu menggarisbawahi pentingnya kerjasama negara-negara di dunia dalam penanganan pandemi Covid-19. Khususnya dalam hal ini kerjasama penanganan pandemi Covid-19 Indonesia dengan Jepang.

“Kita hanya bisa keluar dari masalah Covid-19 ini kalau ada kerjasama multilateral,” tegas Menlu Retno Marsudi.

Sementara itu Menteri Urusan Pemerintahan Jepang Taro Kono, menyambut baik kerjasama erat kedua negara dalam penanganan pandemi Covid-19.

Kedua Menteri dalam pertemuan itu berpandangan, lndonesia dan Jepang memiliki kesamaan visi dalam memajukan multilateralisme. Diantaranya melakukan uji klinis vaksin Covid-19 yang sudah dikembangkan di Jepang. Termasuk tindak lanjuti kerja sama riset vaksin Covid-19, oleh Institut Teknologi Bandung dengan perusahaan riset dan Universitas di Osaka Jepang. (KR)

Edt: Redaksi (AN)