MOI Ajak Lembaga Sekolah Buat Media

Foto: (Ist)

“Kunci keberhasilan pelajar, termasuk seringnya menulis dan membaca berbagai buku pengetahuan ilmiah, jurnalistik adalah mendorong untuk sering membaca dan menulis,”

Surabaya (Bintangtimur.net) – “Dengan pelatihan media online dan cetak di sekolah negeri dan swasta diharapkan lembaga sekolah mempunyai media baik, baik dalam bentuk majalah, tabloid, bulletin atau mengaktifkan web sekolah,” ujar Khoirul Anwar, Ketua DPC MOI (Media Online Indonesia) Surabaya disela acara Pelatihan Jurnalistik Media Online dan cetak di SMPN 46, Jalan Mayjen Sungkono Surabaya, Senin (16/9).

Menurut Khoirul, sapaan akrab pria yang juga dikenal sebagai redaktur media cetak Jatim Plus ini, mengungkapkan bahwa kemampuan literasi (membaca dan menulis) para pelajar yang ada di sekolah sekolah penyalurannya selain melalui majalah dinding sekolah bisa diwujudkan juga lewat majalah, bulletin, koran sekolah dan website sekolah.

Sementara narasumber pelatihan, Agung Santosa menjelaskan sekolah adalah lembaga ilmiah ditingkat SMP, buktinya ada peneliti belia.

“Kunci keberhasilan pelajar, termasuk seringnya menulis dan membaca berbagai buku pengetahuan ilmiah, jurnalistik adalah mendorong untuk sering membaca dan menulis,” ujar Agung meyakinkan.

Pelatihan jurnalistik tingkat dasar bagi 62 siswa-siswi SMPN 46 tersebut berlangsung mulai pukul 14.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. Sebelum pelatihan, dilakukan pretes penulisan tentang lingkungan sekolah (adiwiyata), profil sekolah, hobi siswa dan aktivitas sehari hari dikeluarga.

Edt: Redaksi (AN)