Nanti Malam Micro Harvest Moon Diprediksi Akan Terjadi

Foto: (Ist)

“Bulan didefinisikan sebagai Micromoon apabila bulan berjarak lebih dari 251,655 mil atau sekitar 404.999 kilometer”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Fenomena¬†Supermoon¬†dipastikan akan terjadi pada Jum’at (13/9) malam. Peristiwa ini disebut dengan ‘Micro Harvest Moon’ ini merupakan yang pertama kali terjadi sejak 13 September 2000.

Dilansir dari The Washington Post, Supermoon ini disebut Micro Harvest Moon mikro karena akan terlihat lebih kecil dari pada Supermoon lainnya. Oleh karena itu Harvest Moon ditambahi kata ‘Micro’.

Micro Harvest Moon akan berukuran 14 persen lebih kecil dan 30 persen lebih redup daripada supermoon lainnya.

Bulan didefinisikan sebagai Micromoon apabila bulan berjarak lebih dari 251,655 mil atau sekitar 404.999 kilometer.

Dilansir dari Forbes, bagi para petani, Harvest Moon juga biasa disebut dengan Corn Moon karena September merupakan tanda di mana petani memulai untuk memanen jagung di belahan Bumi utara.

Bulan, pada Jum’at mendatang akan berjarak 816 mil atau sekitar lebih jauh dari 404.999 kilometer atau sekitar 1313 kilometer.

Bahkan fenomena alam ini tidak akan terjadi lagi sampai 2033. Bahkan ada pula yang memprediksi Harvest Moon tak akan lagi terjadi hingga 2049.

Karena bulan purnama terjadi ketika Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Bulan purnama terlihat sangat terang dan akan membantu petani untuk bekerja larut di ladang.

Edt: Redaksi (AN)