Oloan Herlin Simarmata, SH, Anak Pertama Dari Ketum Punguan Simarmata se-Indonesia

Foto: Ist

“Di usianya yang sudah 83 tahun, Oloan Herlin Simarmata, SH tetap sehat dan terus menjalankan protokol kesehatan 3M di masa pandemi ini.”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Tugu Simarmata ini mulai dirancang dan dibangun melalui pemakarsa: Opung Mercedes Doli-MA Simarmata gelar Voorzitter pada tahun 1973 dilanjutkan dengan terbentuknya Punguan Simarmata se-Indonesia. Opung Mercedes Doli-MA Simarmata gelar Voorzitter terpilih sebagai Ketua Punguan Simarmata yang pertama.

Voorzitter dari kata bahasa Belanda artinya yang artinya ketua.

MA Simarmata menjabat sebagai Ketua Koperasi pedagang ulos dari Samosir di jamannya yang sampai akhir hayatnya tetap memakai gelar voorzitter.

Setelah 15 tahun menikah barulah lahir putra pertama dari Opung Mercedes Doli-MA Simarmata gelar Voorzitter & Opung Mercedes Boru-Katarina boru Manik (si pedagang ulos) yaitu Oloan Herlin Simarmata, SH (lahir di Samosir 23 Januari 1938).

Oloan Herlin Simarmata, SH menikah dengan Rusli Aminah Pasaribu (lahir di Samosir 12 September 1938)-putri pertama dari Somuntul Bunga Jalan Pasaribu gelar Tuan Sariburaja-Pengusaha danPolitikus di jamannya dan sebagai Perintis Kemerdekaan dari Sumatera Utara
Mempunyai 5 orang putra putri:
1). Ir Barce Mercedes Simarmata, MSc

2). DR drh Rotua Wendeilyna Simarmata, MSi

3). Teodorus Simarmata SH, MHum

4). Edward Simarmata SH, MTL, LLM

5). Margawati Rahayu Simarmata

Oloan Herlin Simarmata, SH terpilih sebagai Ketua Umum Punguan Simarmata se-Indonesia Periode 2002-2008. Dilanjutkan lagi pada Periode Tahun 2008 -2012.

Di usianya yang sudah 83 tahun, Oloan Herlin Simarmata, SH tetap sehat dan terus menjalankan protokol kesehatan 3M di masa pandemi ini. Selamat Hari Ulos 17 Oktober 2020. (Anirwan)