Pasca Pemadaman Listrik, Jaringan Telkomsel Perlahan Membaik

Foto: (Ist)

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan akibat gangguan layanan telekomunikasi yang terjadi terkait dampak pemadaman pasokan listrik,”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Telkomsel menyatakan kondisi jaringannya berangsur pulih usai terimbas pemadaman PLN yang menimpa wilayah Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat.

“Telkomsel terus berupaya maksimal untuk memulihkan layanan telekomunikasi akibat terputusnya pasokan listrik PLN di wilayah Jabodetabek, Banten, Jawa Barat dan sekitarnya pada hari ini,” ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (4/8).

Denny menjelaskan bahwa saat ini layanan komunikasi berangsur pulih yaitu layanan SMS, suara, maupun data, serta transaksi aktivasi sudah dapat diakses dengan normal secara bertahap oleh pelanggan Telkomsel.

Telkomsel terus berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat pemulihan layanan telekomunikasi di wilayah-wilayah terdampak dengan mengoperasikan mobile back up power sebagai perangkat penunjang satuan listrik untuk keperluan proses recovery infrastruktur jaringan komunikasi.

Sebelumnya PLN mengungkapkan awal mula terjadinya pemadaman listrik serentak di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten akibat gangguan pada transmisi di Ungaran-Pemalang.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan akibat gangguan layanan telekomunikasi yang terjadi terkait dampak pemadaman pasokan listrik,” kata Denny.

Namun saat ini PLN telah berhasil memulihkan secara bertahap pemadaman listrik dengan mengalirkan tegangan listrik ke Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Balaraja dan untuk selanjutnya menuju ke PLTU Suralaya agar dapat beroperasi secara bertahap mencapai kapasitas 2800 MW.

Akibatnya kondisi jaringan Telkomsel di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sekitarnya terpengaruh sehingga menyebabkan penurunan kualitas layanan.

Edt: Redaksi (AN)