Pedangdut Senior Ida Laila Tutup Usia

Foto: (Ist)

“Ia meraih popularitas lewat lagu-lagu Melayu dan dangdut, mendapatkan era keemasan pada 1960 dan 1970-an”

Jakarta (Bintangtimur.net) – Pedangdut senior Ida Laila meninggal dunia pada Kamis (12/9). Kabar tersebut disampaikan pula Elvy Sukaesih melalui akun Instagram pribadi. Ia mengatakan, Ida berpulang pada pukul 02.00 WIB dini hari.

Di unggahan tersebut, Elvy Sukaesih menyebut Ida Laila sebagai ‘ibunda’. Mendoakan agar mendiang ‘khusnul khotimah’, ia juga mengingatkan masyarakat akan salah satu lagu tersukses Ida Laila, Sepiring Berdua. 

Unggahan itu segera mendapat reaksi dari sesama pedangdut Indonesia, seperti Iis Dahlia, Camelia Malik, Putri dari ajang pencarian bakat di televisi, sampai Nassar.

Ida Laila adalah seorang pedangdut yang lahir di Surabaya, 75 tahun lalu. Ia meraih popularitas lewat lagu-lagu Melayu dan dangdut, mendapatkan era keemasan pada 1960 dan 1970-an. Beberapa lagu hitnya yakni Keagungan Tuhan, juga Sepiring Berdua.

Ida Laila diketahui pernah membawakan lagu Siksa Kuburpada tahun 1960-an, sebelum dipopulerkan ulang oleh Rita Sugiarto serta OM PSP atau Orkes Melayu Pancaran Sinar Petromaks. Ida disebut kerap menyanyikan lagu dengan lirik yang bercerita tentang patah hati dan penderitaan cinta lainnya.

Tak banyak diskografi Ida Laila yang tercatat pasti, namun sebagai pedangdut, ia sering tampil bersama berbagai OM atau Orkes Melayu, termasuk OM Sonata yang mana dirinya sempat membuat beberapa album.

Bersama OM Awara, Ida memiliki setidaknya 18 album dalam bentuk piringan hitam, sementara bersama OM Sinar Mutiara, ia melahirkan tujuh album.

Pedangdut tersebut juga pernah berkolaborasi dengan Mus Mulyadi dan Ikke Nurjanah. Ikke pun mengunggah video lama yang menampilkan ia mendiskusikan pengaruh Ida Laila terhadap dirinya pada Kamis (12/9) siang.

“Selamat jalan Ibu Hj Ida Laila… Selamat jalan Ibu Hj Ida Laila, Bunga Dahlia-ku,” tulis Ikke Nurjanah seraya menyertakan emoji tangan tertangkup dan hati warna merah.

Pernikahan membuat Ida Laila tak seaktif dahulu dalam bernyanyi. Berdomisili di Jawa Timur, ia diketahui lebih banyak memberikan ceramah agama.

Kesehatan Ida Laila diketahui menurun dalam beberapa tahun terakhir. Ia mengidap sejumlah penyakit yang membuatnya hanya bisa berbaring di tempat tidur, atau duduk di atas kursi roda.

Edt: Redaksi (AN)